Cara Mudah Menguasai Dan Mengembangkan Bahasa Arab

2019-02-11

BANDUNG, Cara mudah menguasai dan mengembangkan bahasa arab, salah satunya dengan latihan terus menerus, banyak mendengar, dan melatih keberanian untuk berbicara. 

Demikian tips yang disampaikan Dosen King Sa'ud University Riyadh, Ali Ma'youf al Ma'youf saat menjadi pemateri dalam Kuliah Umum bertema "Bahasa Arab: Antara Prospek dan Tantangan di Masa Depan" yang digelar Prodi Pendidikan Bahasa Arab FKIP Uninus, Minggu, 10 Februari 2019, di Gedung Pascasarjana Manajemen Uninus, Bandung.

Syeikh Ali mengatakan, belajar cepat bahasa Arab itu dengan cara mengajarkan Thoriqoh Mubasyaroh (secara langsung) bukan hanya sekedar belajar menghapal qawaidh (aturan) nya saja.

"Dalam mengajarkan bahasa Arab, perlakukan objek kita seperti Bayi yang baru belajar Bahasa. Contohnya kita mengucapkan kata 'Air' (perlihatkan) kemudian tunjuk ini air, ini air (ماء)," jelasnya. 

Syeikh Ali menargetkan seluruh pengajar bisa mengajar bahasa Arab dengan cara memberanikan berbicara tanpa memperhatikan benar atau salah. Karena menurutnya, secara umum bahasa itu butuh mendengar dan mencoba.

“Contohnya, anak-anak yang didorong keberaniannya untuk berbicara terlebih dahulu. Dan hal ini yang butuh ditanamkan keberanian untuk dipraktikkan,” tambahnya.

Syeikh Ali juga mengapresiasi usaha Indonesia untuk mendorong masyarakatnya dalam mengembangkan bahasa Arab melalui acara seperti ini. Acara ini diikuti oleh 108 peserta dari berbagai daerah dan instansi di Jawa Barat.


Bagikan