Dari Kunjungan FP Uninus ke BASTP Tanaman Rempah Dapat Kendalikan Hama

2019-02-22

Mahasiswa Fakultas Pertanian Uninus di depan gedung BB Biogen dalam acara kunjungan ke wisata edukasi Bogor Agro Science Techno Park (BASTP) Cimanggu, Bogor. Rabu, 13 Februari 2019.

 

BANDUNG, (PR),-Hama dan penyakit pada tanaman menjadi salah satu kendala bidang pertanian. Kini, pengendalian hama dan penyakit dapat  dilakukan dengan inovasi tanaman rempah dan obat yaitu menggunakan varietas tahan, benih yang sehat dan unggul, serta pestisida alami.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Balitro, Dr. Wiranto dalam acara kunjungan mahasiswa Fakultas Pertanian Uninus ke wisata edukasi Bogor Agro Science Techno Park (BASTP) Cimanggu, Bogor. Rabu, 13 Februari 2019.

BASTP merupakan kawasan penelitian dan pengembangan pertanian terpadu yang memperagakan sumber inovasi pertanian dalam bentuk sumberdaya, sarana, proses menghasilkan dan penerapan teknologi unggul pertanian.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa Fakultas Pertanian Uninus mengunjungi Agrosinema, Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) untuk melihat tayangan sebuah video mengenai perkembangan kawasan pertanian di Kota Bogor. Dilanjut dengan pemberian materi seputar BASTP oleh Dr. Nurhayati, M.Si. dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2PT), materi Teknologi Pertanian Perkotaan dan Inovasi Teknologi Tanah oleh Dr. I. Wayan Suastika, materi Inovasi Teklogi Baliklimat oleh Husna Alfiani serta materi mengenai Pengengendalian Hama dan Penyakit Terpadu dengan Inovasi Tanaman Rempah dan Obat oleh Kepala Balitro, Dr. Wiranto.

Tika, salah satu mahasiswa Fakultas Pertanian Uninus mengatakan, kunjungan ini banyak memberikan pengetahuan mengenai dunia pertanian, salah satunya mengenai pestisida.

”Pestisida itu ada 2 macam, pertama pestisida nabati, berfungsi sebagai pembunuh dan sebagai pupuk organik untuk memenuhi kebutuhan unsur hara. Kedua pestisida mikroba, mikroba disini berfungsi untuk pemberian pupuk yang berimbang, jika tanaman kelebihan pupuk akan menyebabkan pertumbuhan hama dan penyakit. Contohnya pemberian pupuk N yang berlebihan akan menyebabkan pertumbuhan hama wereng batang coklat pada tanaman padi” jelas Tika.

Menurut Dosen Agroteknologi Uninus, Yeni Mulyani, kawasan Cimanggu merupakan tempat yang lengkap untuk memperoleh ilmu tentang pertanian bagi mahasiswa Pertanian Uninus.

“Kawasan ini menurut saya dapat dikatakan sebagai sumber lengkap untuk mendapatkan ilmu tentang pertanian. Khususnya bagi mahasiswa kami agarvmengenal lebih dalam tentang pertanian seperti ilmu hama dan penyakit, klimatologi, agro klimat, juga ilmu tanah," ujar Yeni.

Mahasiswa juga diajak untuk berkeliling mengunjungi beberapa UK-UPT yang berada di kawasan penelitian Cimanggu. Di antaranya Balai Penelitian Tanah, Balai Besar Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian, serta Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro). Mereka juga diberi kesempatan untuk berkunjung ke Laboraturium Tanah di BBSDLP, Laboraturium In Vitro Bioteknologi di BB Biogen dan Laboraturium Balitro. (RM)


Bagikan