Dua Proposal FIKOM Uninus Lolos PKM Kemenristekdikti 2019

2019-04-05

Dua Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) delegasi Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Uninus dinyatakan lolos PKM 2019 dan didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

 

Proposal pertama berjudul “Kesiapan Pustakawan dalam Memberikan Local Content Berbasis Digital di Perguruan Tinggi Swasta Kota Bandung” oleh Dinda Puspita Dewi, Iqbal Kesuma dan Uul Aulia. Dinda selaku ketua tim menerangkan bahwa dalam penelitian ini, tim ingin mengukur sejauh mana pemahaman Pustakawan mengenai local content berbasis digital. 

 

Contoh local content di perpustakaan universitas adalah skripsi yang berbentuk buku. Menurut Dinda, buku yang tidak dirawat akan hancur seiring berjalannya waktu, maka dari itu, perlu adanya digitalisasi buku ke bentuk digital.

 

Dinda menambahkan, bahwa penelitian ini akan ditujukan kepada Pustakawan di 6 universitas swasta di Kota Bandung yang memiliki akreditasi C. “Kami memilih universitas yang terakreditasi C karena perpustakaan maupun Pustakawan di universitas tersebut biasanya baru berkembang, bahkan mungkin belum mempunyai local content yg berbasis digital,” Jelasnya.

 

Judul proposal kedua adalah “Pemetaan Kemampuan Literasi Digital Pustakawan Sekolah Menegah Atas Kota Bandung” oleh Lisma Nur Aeni, Assya Qorry Nursaffitri dan Hikmah Agustina. Lisma selaku ketua tim menerangkan, bahwa dalam penelitian ini tim akan mengukur sejauh mana kemampuan Pustakawan dalam memberikan informasi berbasis digital.

 

“Pustakawan di sekolah kan merupakan sumber informasi, apakah Pustakawan tersebut sudah bisa menyediakan koleksi perpustakaan berbasis digital apa belum, mengingat tidak semua Pustakawan sekolah berasal dari pendidikan bidang perpustakaan” jelasnya.

 

Menurut Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Drs. Mahmudin, SIP., M.M.Pd., Keberhasilan lolosnya 2 proposal tersebut tidak terlepas dari dorongan semua pihak di Uninus baik Pimpian Universitas, Fakultas, Prodi dan Dosen. “Mudah-mudahan dengan lolosnya proposal yang dibiayai oleh MenristekDikti, dapat memacu semangat Prodi Ilmu Perpustakan dan Informasi Fikom Uninus agar menjadi Prodi unggulan di masa depan. Khususnya pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2019/2020,” terangnya.

 

Sedangkan Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan, Farah Ruqayah, S.S., M.Si. mengaku senang dan bangga pada  tim mahasiswa yang lolos PKM. Menurutya, PKM merupakan ajang untuk mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang didapat. “Kami di Prodi Ilmu Perpustakaan memang sedang mencoba meningkatkan penulisan karya ilmiah dan prestasi ini akan memberi semangat bagi mahasiswa lain,” tambahnya.

 

PKM merupakan wadah yang dibentuk oleh kemenristekdikti RI dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. [RM]


Bagikan