“Mathla’ 2019” Mengembangkan Potensi Bahasa Arab Pelajar Jawa Barat

2019-04-09

Dalam rangka mengaktualisasikan nilai-nilai keislaman melalui Bahasa Arab, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (Himba) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Nusantara (Uninus) mengajak siswa-siswi SMA/K/MA Se-Jawa Barat mengembangkan potensi bahasa arab melalui kegiatan lomba dalam Festival Mahasiswa Bahasa Arab atau Mathla’ (Mahrojan Thulaab Al-Lughoh Al-‘Arobiyah) 2019. Kamis, 4 April 2019 di Kampus Uninus Jl. Soekarno-Hatta No. 530 Bandung.

 

Rektor Uninus Dr. H. Suhendra Yusuf, M.A. dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan ini, Pendidikan Bahasa Arab kedepannya harus menjadi prime-mover atau penggerak utama bagi Universitas Islam Nusantara dalam menciptakan kader-kader pempimpin terbaik di Indonesia. Suhendra juga mengajak Dekan FKIP Uninus, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan para panitia untuk menggelar program penggerak lainnya dalam mencari kader terbaik. “Tahun depan kita bisa mengadakan lomba berbasis teknologi, contohnya aplikasi pembelajaran Bahasa Arab tingkat Nasional” ujar Suhendra.

 

Wakil Rektori 1 Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Husein Saeuful Insan, M.M.Pd mengajak juara pertama Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dalam kegiatan ini untuk mewakili Uninus mengikuti MTQ Nasional 2019. “Juara MTQ kalau daftar ke Uninus akan saya bawa untuk ikut MTQ Nasional tahun ini,” ujarnya.

 

Di Uninus, tambahnya, kami juga selalu memberikan beasiswa bagi mereka yang bepestasi. “Kita sudah memberikan beasiswa bagi para hafiz 30 Juz, 20 Juz, 10 juz dan beasiswa lain,” jelasnya.

 

Di sisi lain, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. H. Eddy Komarudin, M.Ag berharap, melalui acara ini Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menjadi salah satu prodi pilihan bagi masyarakat Jawa Barat.

 

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk lomba keagamaan diantaranya lomba Pidato Bahasa Arab, Hifdzil Qur’an, Tilawatil Qur’an, Musik Islam dan Kaligrafi. Ketua Pelaksana, Nurul Angraeni berharap, kegiatan ini dapat memotivasi para siswa untuk terus menggali potensi diri,  dapat berpartisipasi aktif, berkreativitas dan mandiri terutama dalam mengembangkan potensi bahasa arab.

 

Selain itu, kata Nurul, di penghujung acara kami menggelar Kegiatan Reuni Akbar 2019 bagi alumni angkatan 1999-2018 dan mengundang Kang Abay Motivasinger sebagai guest star di acara penutupan Mathla’ 2019. (RM)


Bagikan