FIKOM UNINUS Ajak Pelajar menjadi Konten Kreator di Media Sosial

2019-04-25

Melalui kegiatan Workshop Literasi Media Digital bertema “One Day with Ilmu Komunikasi”,  Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Islam Nusantara (Uninus) bekerja sama dengan SMAS Pasundan Tanjungsari mengajak para pelajar tingkat SMA untuk membuat konten kreatif di media sosial. Rabu, 24 April 2019 di SMAS Pasundan Tanjungsari, Sumedang.

 

Dalam kegiatan tersebut, beberapa mahasiswa berprestasi Fikom Uninus memberikan pengalamannya sebagai konten kreator kepada para pelajar.

 

Praktisi sekaligus Dosen Fotografi FIKOM Uninus, Sjuaibun Iljas, S.Sos. juga memberi arahan tentang bagaimana cara menggunakan kamera smartphone dengan memanfatkan flash, sensor fokus kamera dan pixel untuk membuat foto yang baik. “Setelah acara ini, peserta diharapkan memperoleh wawasan tentang penggunaan kamera smartphone, mereka harus mampu membuat foto lebih bermakna dan bercerita serta lebih indah secara visual,” kata Sjuaibun.

 

Selain itu, Dosen FIKOM Uninus, Nisa Lathifah, M.I.Kom. juga memberikan wawasan tentang bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai media penyalur bakat. Nisa juga memberikan tips membuat caption atau keterangan foto yang menarik serta penggunaan hastag. “Buat caption yang dapat menarik pembaca untuk berinteraksi dengan konten kita, selain itu gunakan pula hastag untuk mengelompokan konten yang kita unggah,” ujar Nisa saat memberikan materi.

 

Selain menjadi konten kreator, Nisa juga memberikan literasi kepada pelajar agar bijak menggunakan sosial media dengan memperkenalkan apa itu hoaks, ciri-cirinya serta tips agar tidak menjadi korban dan penyebar hoaks.

 

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Uninus, Dr. Eriyanti Nurmala Dewi, M.I.Kom. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian FIKOM Uninus kepada masyarakat. “Kami selaku akademisi yang bergelut mempelajari ilmu komunikasi harus membagi ilmunya kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, para pelajar akan memperoleh materi literasi media digital tentang bagaimana  memanfaatkan smartphone yang setiap hari kita pegang,” Kata Eriyanti.

 

Kepala Sekolah SMAS Pasundan Tanjungsari. Alit Kurniati, S.P. menyambut baik kegiatan ini. Menurutmya, Kegiatan ini menambah pengetahuan para pelajar di bidang komunikasi. “Kami berterimakasih kepada Fikom Uninus yang telah mengadakan acara ini, literasi digital tentunya banyak dibutuhkan oleh pelajar untuk berbagai hal salah satunya untuk mengasah keterampilan siswa,” kata Alit dalam sambutannya.

 

Pelajar yang mejadi peserta dalam kegiatan ini antara lain berasal dari SMAS Pasundan Tanjungsari, SMKS YPIB Tanjungsari, SMK Pasundan Tanjungsari, SMKN PPN Tanjungsari, SMK Yadika Tanjungsari dan SMK Yayasan Karya Madya. (RM)


Bagikan