Kerjasama Uninus dengan SEAMOLEC

2019-06-21

Universitas Islam Nusantara (Uninus) bekerjasama dengan Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Center (SEAMEO SEAMOLEC) untuk pengembangan Perguruan Tinggi dalam bidang teknologi informasi pada Jumat, 21 Juni 2019 di Gedung Rektorat lantai 2 Uninus. 

 

Perwakilan Uninus, Prof. Dr. Abdorakhman Ginting S., M.Ed., M.Si., P.Hd., mengatakan, salah satu ciri unggul dari visi misi keislaman Uninus adalah terkuasai dan termanfaatkannya Information Technology (IT). “SEAMOLEC mengembangkan pelatihan-pelatihan bagi Guru, Pendidikan Keguruan, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Dasar dalam bidang IT. Uninus sepakat untuk berkolaborasi dengan SEAMOLEC dalam membangun berbagai program untuk menghadapi era industri,” ujarnya.

 

Prof. Ginting menambahkan, salah satu program yang akan segera direaliasikan dalam kerjasama ini adalah mendirikan Online Jurnal Online Jurnal sekarang menjadi kebutuhan bagi Dosen dan Guru, kami akan mengembangkan program-program pelatihan untuk fakultas-fakultas yang bisa mengembangkan subtansi. Sementara SEAMOLEC memiliki jaringan informatika,” kata Prof Ginting saat diwawancara usai kegiatan.

 

Kedepannya, Prof. Ginting berharap kerjasama ini tidak hanya simbolik dan seremonial saja tetapi akan segera memberikan manfaat dan hasil kepada semuanya. “Kami akan berkolaborasi menyusun Memorandum of Agreement (MoA) sebagai tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU). Dari MoA ini, akan diturunkan menjadi program-program secara teknis yang dilengkapi dengan indikator keberhasilan, dan sebagainya,”  ujarnya.

 

Sementara itu, Direktur SEAMOLEC, R. Alpha Amirrachman, M.Phil., Ph.D., mengatakan, SEAMOLEC akan turut serta mengintegrasikan Information and Communication Technologies (ICT) ke dalam proses pengajaran dan pembelajaran di kampus temasuk Uninus.

 

“Saya kira ini zaman digital. Kita bersama SEAMOLEC siap mengawal Uninus untuk bersiap menghadapi era digital 4.0. Bentuk awalnya kita akan berusaha agar betul-betul mengintegrasikan ICT ke dalam poses pengajaran dan pembelajaran” ujarnya.

 

Selanjutnya, kata Alpha, kita akan mengembangkan pengadaan mata kuliah dalam jaringan. Misalnya beberapa mata kuliah ada yang online dan ada beberapa mata kuliah yang tetap offline.

 

Menurut Alpha, kampus-kampus di Indonesia sudah mulai bergerak dan bersiap mengembangkan pembelajaran secara digital untuk menjadi bagian yang tidak terpisahan dari kehidupan akademik di kampus.

 

SEAMOLEC merupakan pusat regional yang bergerak di bidang pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, teknologi informasi dan konsultasi di bidang Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).

 

Tujuan SEAMOLEC adalah untuk menjalankan program-program yang relevan yang responsif terhadap kebutuhan nasional dan regional saat ini melalui pemanfaatan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh.


Bagikan