skip to Main Content
Ansor-Banser Jombang Nilai Apel Kebangsaan Mampu Teguhkan Kesatuan Bangsa

Ansor-Banser Jombang Nilai Apel Kebangsaan Mampu Teguhkan Kesatuan Bangsa

Jombang, NU Online

Atas instruksi Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar Apel Kebangsaan, Ahad (29/11) di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang lama.


Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto menyampaikan, Apel yang diselenggarakan secara virtual itu serentak dilakukan oleh Ansor dan Banser di sejumlah daerah. Hal ini menurutnya untuk mengingatkan kembali kepada warga Jombang khususnya akan pentingnya merajut persatuan dan kesatuan antarsesama.


“Kita mengingatkan semua elemen khususnya Banser untuk bersama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.


Pria yang kerap disapa Gok Antok ini mengatakan, provokasi dan ujaran kebencian kelompok tertentu kepada penyelenggara negara dan tokoh agama yang terjadi belakangan ini cenderung berpotensi menciptakan perpecahan. Ditambah dengan aksi terorisme yang menewaskan satu keluarga di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Demikian ini menurutnya cukup mengkhawatirkan.


Karenanya, ia mengajak kadar Ansor dan Banser di lintas kepengurusan agar senantiasa menjalankan perannya sebagai warga yang peduli akan keamanan dan kenyamanan di dalam bermasyarakat. Kampanye tentang upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan ketenteraman di tengah masyarakat tentu harus terus dilakukan.


“Hari ini dan ke depan kewaspadaan kita harus ditingkatkan guna memastikan kondusifitas keamanan lingkungan masyarakat,” jelasnya.


Prinsipnya, kata dia, persatuan dan kesatuan bangsa harus dijunjung tinggi. Perbedaan pandangan dan bahkan sikap bagi Ansor-Banser adalah kekayaan dan kekuatan yang bisa merekatkan persatuan itu sendiri. Bila justru dibenturkan apalagi dipaksa sama, maka tinggal menunggu waktu perpecahan yang bakal terjadi.


“Untuk itu kita berharap ke depan setelah kegiatan ini menjadi pengingat dan memperteguh komitmen bersama dalam menjaga NKRI tercinta,” ucapnya.


Ansor-Banser selama ini selalu siaga ikut serta mengawal keberlangsungan kehidupan berbangsa. Ansor-Banser selalu berada di jalur yang tepat sebagaimana amanah para pendiri bangsa bahwa NKRI sudah final karena sangat selaras kondisi Indonesia yang majemuk. Muassis Nahdlatul Ulama (NU) pun juga mewariskan amanah yang sama.


“Maka sudah sangat beralasan bila Ansor-Banser sangat agresif di dalam mengawal persatuan dan kesatuan bangsa ini,” pungkasnya.


Pewarta: Syamsul Arifin

Editor: Muhammad Faizin


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search