skip to Main Content
Erma Yulanti Jadi Manajer Atlet Taekwondo Karena Ingin Berikan Yang Terbaik Untuk Uninus

Erma Yulanti Jadi Manajer Atlet Taekwondo Karena Ingin berikan yang Terbaik untuk Uninus

Bandung, Uninus.ac.id
Erma Yulanti berhasil mengantarkan dua atlet atas nama Revanda Keresy dan Ardian Ramdhani pada Kejuaraan Taekwondo Piala Ketua Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia se-Kota Bandung di Gor Kavleri, Sabtu-Ahad (20-21/11). Pada kejuaraan itu, Revanda, mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uninus meraih gelar sebagai Pemain Tercepat mengalahkan lawan. Sementara Ardian, mahasiswa Program Studi Managemen Fakultas Ekonomi Uninus meraih medali perak.

Erma yang saat ini tercatat sebagai mahasiswi pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uninus, dikatakan mengantarkan dua atlet tersebut sebab dirinya merupakan manajer mereka.

Mahasiswi semester 7 menceritakan, menjadi manajer atlet merupakan pengalaman pertama kali setelah ditunjuk pelatih taekwondo pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Uninus Taekwondo Club, Ridwan Saepuloh, pada 23 oktober 2021 saat menghadapi kejuaran tersebut.

“Jadi, para atlet hanya diberi waktu 3 minggu untuk latihan,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Menurut Erma, ia ditunjuk pelatih sebagai manajer kedua atlet itu karena dirinya merupakan Ketua UKM Uninus Taekwondo Club sejak 27 Februari 2020 sampai sekarang.

“Pikir-pikir dulu selama 3 hari,” katanya ketika pelatih memintanya menjadi manajer.

Setelah 3 hari berpikir, Erma tak ingin meyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan pelatih. Dalam waktu 3 hari pula ia berhasil meyakinkan dirinya dengan rasa optimis bisa berhasil dan memberikan yang terbaik untuk Uninus.

Sebagai seorang manajer pemula, ia mendapatkan bimbingan langsung dari Ridwan Saepuloh. Kemudian ia tahu sebagai seorang manajer artinya ia menjadi penanggung jawab atas proses dari awal sampai akhir kedua atletnya.

“Tugas kami mengawal atlet mulai dari latihan sebelum kejuaraan hingga pelaksanaan kejuaraan termasuk setelah kejuaraan hingga turun sertifikat dari penyelenggara, memastikan atlet sehat, baik-baik saja tanpa cedera dan siap untuk bertanding di kejuaraan,” jelasnya.

Dari pengalaman itu, ia memahami pentingnya menjaga kekompakan, solidaritas, kekeluargaan mengatur waktu, keuangan, dan lainnya. Dari pengalaman itu pula, ia tertarik menjadi manajer atlet profesional di kemudian hari.

“Tertarik sekali (menjadi manajer atlet, red), saya ingin mendapatkan pengalaman yang lebih banyak lagi,” katanya.

Erma bergabung dengan taekwondo UNINUS sejak 2018 dengan motivasi ingin belajar beladiri dan meraih prestasi. Dalam perjalanannya di UKM itu, ia dipercaya sahabat-sahabatnya menjadi Ketua UKM Uninus Taekwondo Club sejak 27 Februari 2020 hingga sekarang. Saat ini jumlah anggota yang aktif putra: 24 putri: 32. (AA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search