skip to Main Content
Gus Hasan Temani Wakil Rais Aam PBNU Berziarah Ke Makam KH Abdul Bashar, Guru Syaikhona Kholil Bangkalan

Gus Hasan Temani Wakil Rais Aam PBNU Berziarah ke Makam KH Abdul Bashar, Guru Syaikhona Kholil Bangkalan

Bandung, Uninus.ac.id
Ketua Pengurus Yayasan Universitas Islam Nusantara (Uninus) KH Hasan Nuri Hidayatullah menemani Wakil Rais Aam PBNU KH Anwar Iskandar berziarah ke KH Abdul Bashar di kompleks Pondok Pesantren Al-Bashariyah, Jalen, Desa Setail, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Minggu (8/5/2022).

Menurut kiai yang akrab disapa Gus Hasan tersebut, KH Abdul Bashar merupakan salah seorang guru dari Syaikhona Kholil Bangkalan sebelum menuntut ilmu ke sejumlah ulama di Tanah Suci Makkah.

“KH Abdul Bashar yang kita ziarahi itu adalah canggah (leluhur kelima) saya dari pihak nenek. Nenek saya, Nyai Hj. Siti Rabi’ah merupakan cucu KH Abdul Bashar,” ungkap Katib Syuriyah PBNU ini melalui pesan singkat, Senin (9/5/2022).

KH Abdul Bashar menikah dengn Nyai Hj. Hasanah. Buah dari pernikahan itu melahirkan salah seorang putri, yaitu Nyai Asminatun yang menikah dengn KH Abdul Manan, seorang kiai yang sejak masa mudanya terkenal sebagai ahli ilmu beladiri pencak silat dan riyadhah. Kemampuannya dalam membela diri membuat kocar-kacir para berandalan dan perampok yang kerap meresahkan masyarakat. Berlanjut pada masa tuanya, karisma sang alim cenderung menonjol dari keahliannya dalam beragam disiplin ilmu agama..

Buah dari pernikahan keduanya melahirkan Nyai Hj Rabi’ah yang menikah dengan KH Askandar. Pernikahan keduanya melahirkan putra-putri:
1. KH Ali Muhaidlori Askandar
2. KH Abu Hasan Syadzili Askandar
3. KH Imam Baidlowi Askandar
4. Nyai Muti’ah
5. KH Anwar Askandar
6. Nyai Hj Jauharoh
7. KH Nur Muhamad Iskandar (mertua Gus Hasan)
8. Nyai Hj Sa’adatul Ukhrowiyah (ibu Gus Hasan)

Gus Hasan menambahkan, KH Abdul Bashar merupakan seorang ulama asal Pandeglang, Banten, yang berhijrah ke Banyuwangi. Kemudian mengajarkan ilmu agama melalui pesantren. Salah seorang di antara santrinya adalah Syaikhona Kholil, guru dari ulama-ulama pendiri Nahdlatul Ulama.

“KH Abdul Bashar melahirkan keturuanan yang saat ini meneruskan jejak langkahnya melalui pesantren dan berkhidmah di NU. Nah, Kiai Anwar Iskandar juga merupakan salah satu buyut dari KH Abdul Bashar,” katanya.

Kiai Anwar dan Gus Hasan bersama rombongan berziarah ke makam KH Abdul Bashar setelah mengikuti acara Reuni Keluarga Besar Bani Askandar di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Sumberberas, Muncar.

Rombongan sebanyak 33 orang dengan menggunakan 9 kendaraan itu tiba di Pesantren Jalen sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka kemudian disambut Ketua PCNU Banyuwangi, H. Moh. Ali Makki Zaini (Gus Makki) dan Ketua PBNU KH Aizuddin Abdurrahman bersama Pengurus Harian PCNU.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search