skip to Main Content
Hari Kesehatan, Masyarakat Didorong Peduli Kondisi Kesehatan Di Masa Pandemi

Hari Kesehatan, Masyarakat Didorong Peduli Kondisi Kesehatan di Masa Pandemi

Jakarta, NU Online

Setiap tanggal 12 November bangsa Indonesia memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Tema HKN ke-56 tahun ini yakni Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat. Pemerintah berharap, masyarkat lebih peduli lagi terhadap kondisi kesehatannya, apalagi hidup di era Pandemi Covid-19.


Menurut Ketua Satgas NU Peduli Covid-19, Muhammad Makky Zamzami, selain momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat kepada kesehatannya, HKN tahun ini menjadi saat yang tepat untuk membangun kesehatan masyarakat.


Membangun kesehatan masyarakat, lanjutnya, dapat dilakukan dengan semakin menyadari bahwa penting sekali menjaga pola hidup sehat  agar dapat menjalankan aktivitas dengan maksimal.


HKN juga dimaknai sebagai evaluasi terhadap layanan kesehatan yang diakses oleh masyarakat dan tenaga medis. Masyarakat maupun tenaga medis, katanya, harus mendapatkan hak yang sama dalam memperoleh layanan kesehatan.


“Artinya, bahwa sudah sejauh mana kita, tenaga medis, atau seluruh masyarakat Indonesia ini sudah dapat mengakses layanan kesehatan,” katanya kepada NU Online, Kamis (12/11).


Dokter yang menjabat sebagai bendahara di Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menambahkan, tidak akan ada yang peduli terhadap kesehatan diri kita kecuali diri kita sendiri. Karena itu, masyarakat harus mementingkan persoalan sebagai kepentingan utama.


“Jadi point itu seharusnya, di saat pandemi ini bisa menjadi evaluasi dan menjadi indikator bahwa target kita berharap dari kesehatan ini semua rakyat di Indonesia dapat peduli terhadap kesehatannya masing-masing,” ujarnya.


Sejalan dengan pernyataan Satgas NU, Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, menyebut Hari Kesehatan Nasional ke 56 tahun ini sebagai momentum bersyukur di era pandemi mengingatkan kita semua tentang pentingnya Kesehatan.


Menurut Terawan, tema HKN tahun ini merupakan upaya untuk membangun masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

 

Pada perayaan HKN tahun ini, pemerintah juga mengambil sub tema yang masih berhubungan dengan pandemi Covid-19, yaitu Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19.


“Melalui sub tema tersebut, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19,” tuturnya.


Pewarta: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Fathoni Ahmad


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search