skip to Main Content
Inilah Para Pemain Persib Bandung Alumni Uninus: Dari Djajang Nurjaman Hingga Henhen Herdiana

Inilah Para Pemain Persib Bandung Alumni Uninus: dari Djajang Nurjaman hingga Henhen Herdiana

Bandung, Uninus.ac.id
Universitas Islam Nusantara (Uninus) merupakan kampus gudang atlet-atlet berprestasi dari beragam cabang olahraga, mulai sepak bola, futsal, bola voli, taekwondo, rugby, hingga panahan. Prestasi-prestasi mereka teruji di ajang nasional.

Menurut Wadek II bidang SDM dan Keuangan FKIP Uninus Dr. H. Maman Suherman, M.M.Pd., pada cabang olahraga sepak bola, sejarah Uninus tak bisa dipisahkan dengan beberapa pemain Persib Bandung, di antaranya dimulai dari generasi Djajang Nurjaman hingga Henhen Herdiana.

“Djajang merupakan alumnus Prodi Administrasi Pendidikan FKIP Uninus,” kata dosen yang menjadi pengurus Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini, di ruang kerjanya, Dekanat FKIP Ununus, Jalan Soekarno-Hatta No 530, Kota Bandung, (18/4/2022).

Djajang merupakan mantan pemain dan pernah jadi pelatih Persib. Sewaktu jadi pemain, pria kelahiran Majalengka ini berhasil menjuarai liga Indonesia pertama serta beberapa kali menjuarai kompetisi perserikatan.

Generasi selanjutnya, pemain Persib yang kuliah di Uninus adalah Boyke Adam. Kelahiran Bandung, 8 Januari 1959, memperkuat Persib Bandung di era 80-an. Ia pernah menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Uninus.

Mimin Suryamin yang pernah setim dengan Djajang Nurjaman juga pernah menimba ilmu di Fakultas Hukum Uninus. Keduanya pernah mengantarkan Persib merebut Piala Hasanal Bolqiah di Brunei Darussalam pada 1986.

Lalu Ajat Sudrajat, pemain Persib kelahiran Bandung 5 Juli 1962. Ia mulai berkarier di Persib sejak 1979. Prestasinya, ia pernah mengantarkan Persib pada era perserikatan yaitu 1986 dan 1989-1990. Pada masa itu, ia bersama Djajang Nurjaman dan Mimin Suryamin berhasil mengantarkan Persib merebut Piala Hasanal Bolqiah.

“Generasi selanjutnya ada Nandang Kurnaedi, penyerang kiri Persib pada musim Liga Dunhil 1994 dan mengantarkan Persib juara. Dia pernah kuliah di PLS FKIP, lalu pindah ke Fakultas Hukum,” katanya.

Selanjutnya, pada tahun 2000-an ada Usep Munandar, salah seorang bek Persib. Sebagai mahasiswa Uninus ia pernah memperkuat almamaternya pada Liga Mahasiswa Jawa Barat (Lismajab) pada musim itu.

Pada 2010, merupakan masa terbanyak pemain Persib di Uninus. Saat itu ada sekitar 22 pemain Persib U21 menimba ilmu di Uninus, di antara mereka adalah Asep Jaelani, Deden Natsir, dan Abdul Aziz.

Generasi selanjutnya pada 2014 ada Henhen Herdiana, kemudian Puja Abdillah, dan Rizky Hidayat. Mereka merupakan mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FKIP Uninus. Di antara ketiganya, hanya Puja yang telah lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search