skip to Main Content
Joe Biden Menang, Hubungan AS Dan Muslim Dunia Diprediksi Kian Membaik 

Joe Biden Menang, Hubungan AS dan Muslim Dunia Diprediksi Kian Membaik 

Jakarta, NU Online

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamen) RI Dino Patti Djalal memprediksi hubungan Amerika Serikat dan umat Muslim dunia kian membaik usai terpilihnya Joe Biden menjadi Presiden AS. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat ini mengatakan, Presiden ke-46 AS, Joe Biden memiliki karakter kepemimpinan yang jauh berbeda dengan Donal Trump. 

 

“Saya ingin mengatakan bahwa ini momen yang baik bagi hubungan AS dengan komunitas Muslim,” kata Dino Patti Djalal saat menjadi narasumber di Webinar Nasional yang diselenggarakan Institute Hasyim Muzadi (IHM), Sabtu (15/11) malam.

 

Ia menjelaskan, salah satu alasan mengapa prediksi tersebut muncul didasarkan pada sikap Joe Biden saat kampanye di hadapan umat Muslim AS. Bahkan, dalam kesempatan itu Joe Biden mengutip ayat Al-Qur’an yang menjadi pedoman mutlak umat Muslim.

 

Sikap itu, lanjutnya, menjadi kontras dengan karakter Donal Trump yang teramat sensitif kepada kelompok Muslim di Amerika Serikat. Joe Biden cenderung ingin menampilkan sikap yang akomodatif terhadap semua golongan termasuk minoritas Muslim di negeri Paman Sam itu.

 

“Kedua, dia tentu sangat peka terhadap kepentingan umat Islam dan dunia Islam. Karena dia mantan Wapresnya Presiden Obama,” tuturnya.

 

Menurut Alumnus Universitas Simon Fraser ini, Presiden Obama beberapa kali menegaskan keinginannya merangkul dunia Islam. Pidato itu disampaikannya di hadapan umat Muslim Mesir, Turki dan Indonesia sebelum lengser dan pensiun dari pemerintahan.

 

“Jadi, Obama administration memang secara sistematis berusaha memperbaiki hubungan dengan Islamic World dan Biden bagian dari itu,” tuturnya.

 

Meski begitu, dia tidak yakin upaya merangkul dunia Islam oleh Amerika Serikat berjalan mulus. Ada potensi beberapa negara Islam menolak hal ini seperti negara-negara di Timur Tengah.

 

“Saya juga sangat meragukan Presiden Joe Biden mendorong perdamaian Israel Palestina. Kenapa? Karena sekarang prioritasnya adalah jobs, pemulihan ekonomi dan juga melawan Covid-19,” ujarnya.

 

Webinar IHM mengangkat tema Pilpres AS, Pengaruhnya terhadap Dunia Islam dan Indonesia. Selain Dino Patti Djaal, IHM menghadirkan Pengamat Hubungan Internasional Binus University, Profesor Tirta N Murstman, dan Imam of Jamaica Muslim Center, Muhammad Syamsi Ali sebagai narasumber. Sedangkan moderator pada diskusi ini yakni Mahasiswa Dual Master International Affairs, Sciences, Abid A Adonis.  

 

“Webinar ini sebagai jembatan NU baik yang ada di kultural maupun structural untuk memberikan sumbangsihnya. NU abad kedua tentu ada sesuatu yang kita rumuskan bersama termasuk memikirkan bagaimana Pilpres AS apakah ada pengaruhnya terhadap dunia Islam dan Indonesia?” kata Direktur Eksekutif IHM, Kiai Yusron.

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Kendi Setiawan


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search