skip to Main Content
Kaprodi Teknik Informatika Uninus Ungkap Kebangkitan Nasional Pada Bidang Teknologi

Kaprodi Teknik Informatika Uninus Ungkap Kebangkitan Nasional pada Bidang Teknologi

Bandung, Uninus.ac.id
Ketua Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Nusantara (Uninus) Yenni Fatman, S.T., M.T. mengatakan kebangkitan nasional harus dilakukan bangsa Indonesia dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang teknologi.

“Penting sekali. Setiap bidang dan kegiatan apa pun untuk saat ini selalu berkaitan dengan teknologi. Jika mau maju dan berkembang berarti harus bisa mengikuti perkembangan teknologi tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjadikan bangsa yang maju,” katanya saat diminta refleksi Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati tiap 20 Mei.

Menurut dia, dalam situasi saat ini, tanpa teknologi kita akan ketinggalan dari bangsa lain, baik dari sisi kecepatan dan keefektifan. Teknologi adalah suatu sumber daya yang harus dimiliki dan ditingkatkan untuk kemajuan bangsa.

Lebih lanjut ia menilai saat ini telah tampak bahwa bangsa Indonesia tengah berupaya bangkit dalam bidang teknologi. Tanda-tandanya bisa dilihat dengan adanya teknologi yang sudah sampai ke pelosok daerah. Salah satu di antaranya adalah layanan internet walaupun belum menyeluruh.

Selain itu, katanya, masyarakat indonesia dari berbagai kalangan sudah terbiasa dengan produk teknologi, khususnya media sosial yang menjadi cikal-bakal untuk teknologi lainnya. Di samping itu, Indonesia sekarang pun sudah fokus pada pengembangan keahlian teknologi informasi untuk generasi mudanya.

“Baik dari pusat maupun daerah dengan sering memberikan pelatihan-pelatihan berbasis teknologi informasi secara gratis. Contoh untuk seluruh Indonesia adalah pelatihan Digital Talent Scholarship oleh Kominfo sedangkan di Jawa Barat ada pelatihan Jabar Coding Camp,” katanya.

Meski demikian, ia mengakui saat ini memang sebagian besar bangsa Indonesia masih sebagai konsumen teknologi, bukan sebagai kreator atau produsen.

“Tapi sudah terdapat beberapa teknologi yang diciptakan oleh generasi muda Indonesia dari sisi kreativitas dan inovasi,” tegasnya.

Permasalahan yang dihadapi para anak muda kreatif itu, sambungnya, biasanya modal dan izin untuk produksi massal yang memerlukan berbagai tes terlebih dahulu dengan membutuhkan banyak biaya. Support dan sponsort untuk mereka yang masih kurang.

“Itulah yang mengakibatkan ide-ide kreatif tersebut menjadi hilang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search