skip to Main Content
#KesempatanKedua Buka Relawan Untuk Kampanye “Hentikan Menstigma Anak Yang Telah Menjalani Masa Hukuman”

#KesempatanKedua Buka Relawan untuk Kampanye “Hentikan Menstigma Anak yang Telah Menjalani Masa Hukuman”

Bandung, Uninus.ac.id
@kesempatan_kedua.id membuka relawan untuk turut serta dalam kampanye “Hentikan Menstigma Anak yang Telah Menjalani Masa Hukuman” melalui aplikasi campaign #ForChange yang berlangsung hingga 19 Maret 2022. Kampanye tersebut merupakan kerja sama Komunitas Bahasan dan Diskusi (KBD) dan KesempatanKedua yang didukung Kampus Medeka Indonesia Jaya, Campaign.com, dan Yayasan Dunia Lebih Baik.

Founder @kesempatan_kedua.id Dandi Ditia Saputra mengatakan, kesempatan untuk menjadi relawan dibuka mulai 2 Februari sampai 9 Februari 2022.

“Kita akan membuka sebanyak-banyaknya relawan untuk kegiatan ini,” katanya di kampus Uninus Jalan Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Kamis (3/2/2022).

Lead Program Kesempatan Kedua Esa Muhamamd Galih menjelaskan secara rinci ketentuan menjadi relawan “Hentikan Menstigma Anak yang Telah Menjalani Masa Hukuman” tersebut:
1. Terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum dengan usia 17-25 tahun.
2. Tertarik mengenai masalah eks terkait dengan anak yang berkonflik dengan hukum (ABH)
3. Memiliki growth mindset dan motivasi yang tinggi
4. Bersedia menjalani rangkaian campaign volunteer #Kesempatankedua
5. Memiliki akun Instagram aktif dan bersifat publik (tidak diprivat)
6. Follow akun Instagram @Kesempatan_Kedua.id
7. Like, comment, dan mention 3 teman pada unggahan poster ini
8. Share unggahan poster ini melalui story dengan menggunakan hashtag #KesempatanKedua
9. Mengisi formulir https://forms.gle/ZcxJhwgkVhVxJjEJ8

Mahasiswa semester 8 Fakultas Hukum Uninus ini menambahkan, bagi yang bersedia menjadi relawan kampanye ini harus mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut:

Opening season pada 12 Februari 2022, yaitu perkenalan dengan isu “Hentikan Menstigma Anak yang Telah Menjalani Masa Hukuman” dan tentang #KesempatanKedua serta timnya

Class series 1 pada 15 Februari 2022, membahas pentingnya kampanye-kampanye sosial secara daring yang dilakukan anak muda serta dampaknya terhadap masyarakat.

Class series 2 pada 18 Februari 2022, membahas isu tentang perlindungan dan pemenuhan hak anak yang berkonflik dengan hukum dengan narasumber dari lembaga advokasi hak anak.

Menurut Esa, bagi relawan yang bersedia mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan 2 e-sertifikat yaitu sertifikat volunteer dan sertifikat menyelesaikan aksi kampanye #KesempatanKedua.

“Para relawan juga akan mendapatkan relationship, ilmu yang bermanfaat, pembekalan materi, dan self improvement,” pungkasnya.

Esa juga mengingatkan kembali tata cara untuk turut serta dalam kampanye tersebut:
1. Dapat dengan mengunduh aplikasi campaign #forchange di app store ataupun play store.
2. Membuat akun #forchange dan daftar dengan email kamu.
3. Cari campaign kesempatankedua atau challenge “Hentikan Menstigma Anak yang Telah Menjalani Masa Hukuman di LPKA Dengan Memberikan #KesempatanKedua.”
4. Jika sudah, kamu klik “take action”/”mulai aksi”

Setelah itu para supporter dapat mengikuti aksi: 1) Foto diri kamu dengan menunjukan telapak tangan; 2) Screenshot informasi mengenai stigma anak-anak yang telah menjalani masa hukuman di LPKA; 3) Pasang foto kamu bersama keluarga yang menunjukkan ekspresi bahagia sebagai tanda penerimaan kembali anak-anak telah menjalani masa hukuman di LPKA; 4) Lalu pasang juga foto kamu dengan mengepalkan tangan untuk menunjukkan dukungan penghilangan stigma kepada anak-anak yang telah menjalani hukuman di LPKA melalui media sosial dengan memasang tagar #KesempatanKedua.(AA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search