skip to Main Content
Ketua NU Jakpus Ingatkan Pentingnya Peran Ulama Dan Umara

Ketua NU Jakpus Ingatkan Pentingnya Peran Ulama dan Umara

Jakarta, NU Online

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Jakarta Pusat Gus Syaifuddin mengingatkan pentingnya peranan ulama dan umara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) angkatan ke-25 PCNU Jakarta Pusat di Hotel Green Bamboo Residence Kuningan Jakarta Selatan. Jumat (13/11).

 

“Di dalam suatu hadist disebutkan ada dua golongan manusia yang jika mereka baik, akan baik seluruh manusia; dan jika mereka rusak, akan rusaklah seluruh manusia. Mereka adalah ulama dan umara,” katanya.


Gus Syaifuddin menerangkan, hadis tersebut menggambarkan betapa pentingnya peranan ulama dan umara, keduanya mempunyai peran yang penting dalam dunia ini. Jika hubungan keduanya tidak baik, pasti rakyat yang akan menjadi korbannya. 

 

“Hadirnya Bapak Walikota Jakarta Pusat, Bapak Bayu Meghantara bersama jajarannya ke acara pembukaan MKNU ini, sebagai bukti hubungan PCNU Jakpus dan umara semakin kuat,” imbuhnya.

 

Gus Syaifuddin berharap kepada para ketua Ranting NU se-Jakarta Pusat agar terus memperkuat dan semangat dalam menjalin hubungan dengan pihak pemerintah di tempat mereka. “Setelah mengikuti MKNU ini, kepada para ketua ranting langsung agendakan berkunjung dan silaturahmi ke lurahnya masing-masing,” ujarnya.

 


Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, mewakili pemerintah Kota Jakarta Pusat dirinya akan selalu mendukung kegiatan keagamaan dan sosial NU Jakarta Pusat. “Teruslah bangkit dalam berorganisasi di NU, sesuai dengan arti dari kata nahdlah,” kata dia. 


Ia menerangkan, dalam berorganisasi, ada dua poin utama yang harus dilakukan pengurus NU. Pertama, rasa memiliki. Kedua, menjaga komunikasi. “Jika keduanya dilakukan oleh para pengurus NU, saya yakin NU di Jakarta Pusat akan semakin maju,” katannya.

 

Bayu Meghantara menambahkan, selamat mengikuti kaderisasi di MKNU ini, semoga bisa melahirkan kader-kader tangguh dan visioner sebagai bekal di tengah masyarakat dan organisasi. “Dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan diri dan protokol kesehatan selama mengikuti acara ini,” pungkasnya.

 

Kontributor: Farhan Maksudi

Editor: Kendi Setiawan

 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search