skip to Main Content
KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pesantren Gontor Wafat

KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pesantren Gontor Wafat

Ponorogo, NU Online

Berita duka kembali melingkupi dunia pesantren di Tanah Air. Kali ini bangsa Indonesia kehilangan putra terbaik, KH Abdullah Syukri Zarkasyi. Innalillahi wainna ilahi rajiun.  

 

Almarhum merupakan pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur yang dikenal sebagai ustadz, kiai, orang tua, sekaligus cendekiawan Muslim.  

 

Kepastian meninggalnya KH Abdullah Syukri Zarkasyi disampaikan pihak keluarga hari ini, Rabu (21/10) atau 4 Rabi’ul Awwal 1442 petang.  

 

Kabar duka ini kemudian beredar di banyak grup WA dan media sosial wali santri maupun alumni pesantren setempat.  

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari sekretaris pimpinan Pondok Modern Gontor Ponorogo. Berita Duka Telah berpulang ke Rahmatullah Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. (Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor) pada hari Rabu, 4 Rabi’ul Awwal 1442/21 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB di Rumah Gontor. Semoga Amal Ibadah Beliau diterima oleh Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Aamiin.”  Begitu pesan yang diterima segenap wali santri di grup WhatsApp.

 

NU Ponorogo Kehilangan

Dikonfirmasi media ini, KH Fatchul Azis selaku Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo mengatakan bahwa almarhum merupakan kiai yang sangat lemah lembut. Yang juga melekat dari sosok KH Abdullah Syukri Zarkasyi adalah serius dalam memperjuangkan pendidikan pesantren.  

 

Hubungan dengan PCNU Ponorogo juga cukup baik. Apalagi di banyak kesempatan memiliki titik temu lantaran memajukan pesantren dan berjuang untuk agama Islam.

 

“Hubungan kami sangatlah baik dan dekat karena sama-sama berjuang untuk Islam dan Indonesia,” katanya kepada NU Online.  

 

Kiai Azis mengungkapkan bahwa tidak hanya dirinya yang merasa kehilangan, warga Nahdlatul Ulama di Ponorogo pun turut berduka. Karena itu dirinya mengajak untuk mendoakan almarhum.  

 

Hal senada disampaikan KH Mohammad Sholihan. Rais PCNU Ponorogo tersebut menjelaskan bahwa NU merasakan duka mendalam atas kepergian almarhum.  

 

“Semoga KH Abdullah Syukri Zarkasyi diterima segala amal baiknya dan mendapat tempat sebaik-baiknya di sisi Allah SWT dan mari bersama khidmat sejenak untuk mendoakan beliau,” pungkasnya.

 

Kontributor: Yoga

Editor: Ibnu Nawawi


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search