skip to Main Content
LAZISNU Melawi Beri Santunan Anak Yatim Terdampak Banjir

LAZISNU Melawi Beri Santunan Anak Yatim Terdampak Banjir

Melawi, NU Online

Penanganan kebencanaan usai banjir besar yang melanda Melawi, Kalimantan Barat masih terus dilakukan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Melawi. Melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang memperhatikan anak yatim yang masih bersekolah. 

 

“Banjir beberapa waktu yang lalu membuat sedih anak yatim yang sekolah di Madrasah Intidaiyah Swasta (MIS) Ath-Thalibin,” kata Ketua LAZISNU Melawi, Yusuf kepada NU Online, Selasa (13/10).

 

Dikatakan, banjir mengakibatkan rumah, sekolah, dan beberapa fasilitas umum yang ada di Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, terendam air. “Tentu saja, juga mengakibatkan peralatan sekolah mereka habis direndam banjir,” ujarnya.

 

Maka dari itu sambungnya, LAZISNU memberikan paket bantuan berupa peralatan sekolah bagi anak yatim. “Ini sebagai bentuk kepedulian LAZISNU untuk meringankan beban para anak yatim yang terdampak banjir tersebut,” ujarnya.

 

Yusuf mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para donatur dan dermawan kepada LAZISNU Melawi. Ia berharap agar masyarakat saling bahu-membahu meringankan beban masyarakat yang masih membutuhkan uluran tangan dermawan.

 

“Kami hanya sebagai relawan untuk menyalurkanya. Itu semua amanah dari para donatur. Mudah-mudahan bantuan tersebut memberikan semangat adik-adik untuk terus belajar,” tuturnya.

 

 

Perlu diketahui, MIS Ath-Thalibin merupakan tempat berjuang mencerdaskan masyarakat Desa Baru. “MIS Ath-Thalibin ini dibangun dari swadaya masyarakat dan para donatur Yayasan Ath-Thalibin. Siswa-siswinya mayoritas anak yatim dan kurang mampu, gaji guru juga di bawah standar,” kata pendiri MIS Ath-Thalibin, Nasiku menuturkan. 

 

Ia mengaku sedih adanya banjir tersebut mengakibatkan pembelajaran terganggu untuk waktu yang lama. “Fasilitas yang rusak akibat banjir ada banyak, terutama buku paket dan buku pelajaran semuanya habis terendam,” ujarnya.

 

Bantuan tersebut mendapat apreasiasi Kepala Sekolah MIS Ath-Thalibin, Siti Masyitoh. Terlebih mayoritas siswa-siswi MIS Ath-Thalibin memang berasal dari keluarga yang kurang mampu dan yatim. 

 

“Kami juga memprihatinkan sebagian besar rumah mereka bulan lalu terendam banjir yang cukup parah, perlengkapan sekolahnya tidak bisa diselamatkan,” ucapnya.

 

“Jadi mereka sangat membutuhkan bantuan, terutama untuk membeli perlengkapan sekolah yang habis direndam banjir bulan lalu,” sambungnya.

 

Dijelaskan, bantuan tersebut merupakan yang kedua kalinya dari LAZISNU untuk MIS Ath-Thalibin. Sebelumnya, LAZISNU telah menyalurkan hasil penggalangan dana untuk membeli kekurangan atap seng pada bangunan baru MIS Ath-Thalibin. 

 

“Saya berterimakasih atas bantuan dan kepedulian LAZISNU Melawi kepada lembaga dan siswa-siswi kami. Kami mendoakan semoga para donatur LAZISNU Melawi dan keluarga sehat selalu dan diberikan kemurahan rizki,” pungkasnya.

 

Kontributor : Sukarno, Ahmad Rifqi Hidayat

Editor: Abdul Muiz


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search