skip to Main Content
LPPM Uninus Terus Dorong Pengelola Jurnal Ilmiah Agar Aktif Dan Terakreditasi Sinta

LPPM Uninus Terus Dorong Pengelola Jurnal Ilmiah Agar Aktif dan Terakreditasi Sinta

Bandung, Uninus.ac.id
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Nusantara (Uninus) mendorong para pengelola jurnal ilmiiah di internal Uninus agar tak ada lagi yang vacum.

Staff Sistem Informasi dan Publikasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Moch. Irwan Hermanto, S. Kom. menjelaskan, saat ini di Uninus terdapat 37 jurnal ilmiah yang dikelola program studi di S1, LPPM, dan Sekolah Pascasarjana (SPs).

“Saat ini baru JPKM yang dikelola LPPM Uninus yang saat ini terakreditasi di LIPI,” katanya saat ditemui di ruang LPPM Uninus, lantai 2 Rektorat Uninus, Jalan Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Senin (6/6/2022).

Irwan merinci status jurnal-jurnal tersebut, yaitu pertama, yang terakreditasi, di antaranya JPKM. Kedua, yang telah mendapatkan ISSN. Ketiga, dalam kondisi vakum.

“Tentu saja yang telah terakreditas berarti sudah mendapatkan ISSN ya,” katanya.

LPPM, kata dia, saat ini tengah mendorong agar jurnal-jurnal yang vakum agar kembali aktif sebagaimana biasanya.

“Kita menargetkan akhir tahun ini seluruh jurnal mendapatkan ISSN dan beberapa di antaranya harus mendapatkan akreditasi,” tegasnya.

Untuk tujuan itu, sambungnya, LPPM memfasilitasi para pengelola jurnal untuk mendapatkan pembinaan.

“Sejak awal tahun ini, kami melakukan pembinaan kepada pengelola jurnal. Yang terbaru pengelola Pascasarjana Prodi Hukum mengundang LLPM untuk melakukan pendampingan pengelolan jurnal MJN,” katanya.

Irwan juga menyebutkan, LPPM telah melakukan pembinaan kepada pengelola jurnal UJMES yang dikelola Prodi Matematika, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP), Inclusive yang dikelola Prodi PLB, FKIP, Jurnal Penelitian Hukum yang dikelola Fakultas Hukum, dan Prolistik yang dikelola Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom).

Lebih lanjut ia menjelaskan, jurnal-jurnal ilmiah tersebut sebagai aplikasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat; yaitu mewadahi para dosen dan mahasiswa Uninus dalam menungkan gagasannya setelah melakukan penelitian dan pengabdian masayarakat.

Selain itu, sambungnya, jurnal ilmiah juga sebagai tolok ukur dalam akreditasi sebuah prodi, fakultas, dan universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search