skip to Main Content
Nahdliyin Di Jatim Sambut Baik Sinergi PBNU Dan BUMN

Nahdliyin di Jatim Sambut Baik Sinergi PBNU dan BUMN

Surabaya, NU Online

Iktiar yang dilakukan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan menggandeng berbagai kalangan telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal tersebut demi meastikan bahwa Islam rahmatan lilalamin bisa semakin diterima berbagai kalangan.

 

Yang terbaru adalah kerja sama yang dilakukan PBNU dengan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN dengan diterimanya mobil PCR (polymerase chain reaction) untuk mendeteksi virus Corona.

 

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Perkumpulan Pengusaha dan Profesional Nahdliyin (P2N) Jawa Timur, M Matorurrozaq Ismail mengapresiasi hal tersebut.

 

Bahwa kolaborasi BUMN dengan NU dalam penanganan Covid-19, percepatan pemulihan ekonomi nasional dan pemberdayaan masyarakat merupakan langkah yang tepat. Sebab NU adalah organisasi masyarakat yang memiliki jaringan kuat sampai tingkat akar rumput.

 

“Kolaborasi NU dan BUMN ini sangat tepat, on the right track dan patut untuk dikawal bersama dengan baik. Hal itu agar benar-benar manfaat  dan maslahat untuk umat,” kata Lora Mator, sapaan akrabnya, Jumat (20/11).

 

Pria yang juga sebagai Bendahara PWNU Jatim ini juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN. Bahkan bila diberikan amanah, tentu saja PWNU Jatim akan siap menerima dan mengoperasikan mobil PCR tersebut.

 

“Dalam hal penyerahan mobil PCR oleh BUMN ke PBNU, PWNU Jatim siap bila diberi amanah untuk mengoperasikan,” ungkap tokoh NU dari Madura ini.

 

Lora Mator menilai kerja sama BUMN dengan NU merupakan faktor penting dalam penanganan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

 

“Semoga kerja sama lain terkait perkembangan sumber daya manusia berbasis spiritual,” harapnya. Demikian pula  pemberdayaan masyarakat dan proyek Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis digital antara NU dan BUMN.

 

“Kami berharap kerja sama tersebut dapat segera terealisir khususnya di Jawa Timur,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan Mobil PCR untuk pengendalian Covid-19 di gedung PBNU, jalan Kramat Raya 164 Jakarta.

 

Terkait Mobil PCR yang diberikan kepada PBNU, menurut Erick, jika kelak Covid-19 sudah selesai bisa direnovasi atau dimodifikasi kembali menjadi mobil laboratorium yang lain. Hal tersebut tentunya berguna untuk kepentingan kesehatan masyarakat.

 

Ia menjelaskan, kerja sama lain dengan PBNU juga meliputi banyak program terkait pemberdayaan sumber daya manusia, optimalisasi peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), hingga pembinaan masyarakat dan tanggung jawab sosial serta lingkungan.

 

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengungkapkan terima kasih kepada BUMN yang telah menyerahkan bantuan satu unit mobil PCR kepada PBNU. Pada momen tersebut, Kiai Said juga mengajak warga NU untuk bersyukur karena memang sangat layak mendapatkan mobil PCR.

 

Pewarta: Ibnu Nawawi

Editor: Syamsul Arifin 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search