skip to Main Content
NU Tamalanrea Kota Makassar Aktifkan Kepengurusan Di Tingkat Ranting

NU Tamalanrea Kota Makassar Aktifkan Kepengurusan di Tingkat Ranting

Makassar, NU Online

Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar Sulsel melakukan konsolidasi dan silaturahmi dengan delapan ranting NU di wilayahnya. Kedelapan ranting tersebut yakni Bira, Buntusu, Kapasa, Kapasa Raya, Parangloe Tamalanrea, Tamalanrea Indah, dan Tamalanrea Jaya.


MWCNU Tamalanrea masa khidmat 2020-2025 bergerak cepat melakukan konsolidasi mengingat keberadaan organisasi dengan faham Ahlusunnah Waljamaah ini pada pengurus sempat vakum.


“Kami bergerak cepat melakukan konsolidasi ke tingkat-tingkat ranting untuk membangun kembali Nahdlatul Ulama yang sempat vakum karena beragam aktivitas pengurus sebelumnya,” ujar Ketua MWCNU Tamalanrea, Nurdin, Kamis (22/10).

 

Konsolidasi marathon ini, sebulan setelah Surat Keputusan (SK) Kepengurusan MWCNU Tamalanrea diserahkan Ketua PCNU Kota Makassar, H Kaswad Sartono, kepada semua MWCNU se-Kota Makassar di sela-sela Orientasi Peningkatan Manajemen Organisasi PCNU Kota Makassar di Hotel Jolin Makassar, 22 Agustus 2020 yang lalu.

 

Saat penyerahan Ketua Tanfidziyah Kaswad Sartono, didampingi Rais Syuriyah PCNU Kota Makassar Anregurutta DR KH Baharuddin, dan Sekretaris. Ketua Tanfidziyah Usman Sofian yang diterima langsung Sekretaris Tanfidziyah MWC NU Tamalanrea Sabri.


Sebelumnya, Konferensi IV MWC NU Tamalanrea, Sabtu, 8 Agustus 2020, terpilih sebagai Rais Syuriyah H Musbir Tahir sehari-hari mengajar di Universitas Hasanuddin Makassar. Adapun Katib Musbaing, Ketua Tanfidziyah Nurdin dan Sekretaris Sabri.

​​​​​​​

Sebelum pelantikan dilakukan, Sabtu, 10 Oktober 2020, konsolidasi MWCNU diawali di Ranting Parangloe. Pengurus lama 2015-2020, H Patahuddin Baso yang naik posisi sebagai Wakil Ketua III  Tanfidziyah diganti posisinya oleh Abdul Halid.


Menyusul H Ambo Dalle terpilihan di Ranting Bira, Selasa (29/10//2020), setelah pengurus sebelumnya Abdul Hakim Nompo tidak bersedia lagi dipilih karena kesibukannya. Pemilihan dilakukan di Masjid Nutul Amun Lantebung Bira


Usai pengukuhan pengurus, Ranting Tamalanrea Indah, Selasa (13/10/2020),  secara aklamasi memilih HM Nasir Nawawi sebagai pengurus masa khidmat 2020-2025. Kemudian yang dilakukan di Masjid Nurul Rahmat. Di Tamalanrea Jaya, yang merupakan ranting termegah, oleh karena pemilihan dilakukan di Masjid Al-Ikhlas Kompleks Dosen Unhas Makassar. Pada, Kamis (15/10/2020), mereka menyepakati HM Yamin Syukur sebagai ketua tanfidziyah.


Berikut konsolidasi dilanjutkan Ranting Kapasa Rayà, Kamis (17/10/2020), ranting punya sejarah panjang tentang perkembangan NU. Dalam kesempatan itu terpilih H Sirajuddin. Menyusul Ranting Kapasa, Ahad (18/10/2020), peserta musyawarah menyepakati, H Abd Kadir Genda.


Dua ranting yang sempat mengalami penundaan kegiatan, akhirnya menentukan waktu pemilihan ranting Butusu, Rabu (21/10/2020). Dihadiri perwakilan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar menunjuk satu nama HM Andi  Nasir. Paling terakhir dari konsolidasi ini, Kamis (21/10/2020), dilakukan di Tamalanrea dengan ketua tanfidziyah Yahya kembali terpiih sebagai ketua.


Ketua MWCNU Tamalanrea Nurdin, menyebut, usai konsolidasi tidak tinggal diam. “Justru yang harus kita lakukan adalah segera melakukan rapat kerja untuk kemudian menyusun program kerja selama kepengurusan ini terbentuk,” ungkapnya.

 

Kontributor: Abd Djabbar​​​​​​​

Editor: Kendi Setiawan


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search