skip to Main Content
Nusantara Mathematics Competition 9

Nusantara Mathematics Competition 9

Bandung, Jawa Barat

Sabtu 20 Maret 2021, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMADIKTIKA) Universitas Islam Nusantara (Uninus) menyelenggarakan Tahap Final Nusantara Mathematics Competition 9 (NMC 9) Tingkat SMP/Sederajat & SMA/Sederajat Se-Pulau Jawa dengan tema GEMUTAS (Galakeun Matematika anu Unggul tur Kualitas). Penuh harapan dan semangat menggalakkan generasi dengan kemampuan matematika yang unggul dan berkualitas.

Kegiatan tersebut terdiri dari Olimpiade Matematika, Lomba Cerdas Cermat Matematika, dan Lomba Media & Aplikasi Pembelajaran Matematika dengan kegiatan penyerta berupa Bazar dan Seminar Nasional. Teristimewa memperebutkan Piala Penghormatan Alm. Drs. Asep Darodjat M.pd (ikon Pendidikan Matematika Uninus) dan Prof. H. E. T. Ruseffendi, Ph.D (salah seorang pembaharu Pendidikan Matematika di Indonesia) atau yang karib disapa Prof Rus.

Dalam sambutannya, Prof Rus mengingatkan kembali “Uninus itu, karena ada unsur keislaman dan keislamannya disini keislamannya seluruh nusantara, bukan islam Bandung, atau islam Jakarta, bukan, tapi Islam Nusantara”. Menurut beliau banyak nilai keislaman yang dapat diterapkan dalam pengajaran matematika. Contoh sederhana, aplikasi shof sholat dapat digunakan untuk mendemonstrasikan operasi bilangan. Lebih lanjut beliau menjelaskan “tujuan pendidikan nasional, setelah menginginkan bahwa rakyat itu pintar, dapat itu dapat begini dan sebagainya, maka akhirnya mengatakan kita itu harus membentuk manusia-manusianya menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan YME”.

Seluruh rangkaian kegiatan NMC 9 dilaksanakan secara daring sinkron melalui Zoom Meeting dan ditayangkan langsung melalui Youtube Official Himadiktika Uninus. Tahun ini merupakan kali pertama penyelenggaraan dilaksanakan demikian sebagai bentuk adaptasi di masa pandemi. Berbagai kesan baru mengiringi penyelenggaran NMC 9.

“Teh Alhamdulillah penyelenggaraan daring anak didik saya semangat, walaupun kami dari SMK. Alhamdulillah minat di bidang matematika tertantang dengan soal olimpiade.” Kesan via Whatsapp salah satu guru pendamping pada salah satu panitia.

Di tengah berbagai keterbatasan dan permasalahan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring, namun tidak sedikit peserta didik yang tetap antusias untuk mengikuti perlombaan. NMC 9 diikuti oleh 290 peserta didik dari 92 sekolah se-Pulau Jawa. Hasil akhir menetapkan SMP Islam Al Azhar 11 Serang keluar sebagai juara umum tingkat SMP/Sederajat dan SMA Santo Aloysius Bandung sebagai juara umum tingkat SMA/Sederajat.

Olimpiade Matematika Tingkat SMA/Sederajat

Juara 1: M RIzky Ramadhan (SMA N 39 Jakarta)

Juara 2: Andi Pangeran M I (SMA Nusantara Magelang)

Juara 3: Ridlo Abdullah Ulinnuha (MAN 1 Kebumen)

Lomba Media & Aplikasi Pembelajaran Matematika Tingkat SMA/Sederajat

Juara 1: Rendi Maulana, dkk (SMK N 1 Bojongpicung)

Juara 2: Rina Aryanti, dkk (SMA Bina Muda Cicalengka)

Juara 3: Zahra Aulia R, dkk (MAN 1 Surakarta)

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/Sederajat

Juara 1: Kresentia Chelsea T, dkk (SMA Santo Aloysius Bandung)

Juara 2: Fatkhurrohmah Ashari, dkk (SMA N 5 Cimahi)

Juara 3: Bahtra Mahya Mansyur, dkk (MAN 1 Surakarta)

Olimpiade Matematika Tingkat SMP/Sederajat

Juara 1: Felicia Grace A F (SMP Masehi Kudus)

Juara 2: Rafael Feng (SMPK Indra Prastha)

Juara 3: Antoniette Louise Rich (SMP Santo Aloysius)

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP/Sederajat

Juara 1: Antania Hanjani, dkk (SMPI Al Azhar 11 Serang)

Juara 2: Ahmad Haizun, dkk (SMP Luqman Al Hakim Surabaya)

Juara 3: Michael Darren S G, dkk (SMP Yos Sudarso Bandung)

Best Paper: Elvati & Mila Amelia

Best Presentation: Sellygus Cahyaning R W, Mardiyana, & Siswanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search