skip to Main Content
Penanaman 6 Batang Kurma Tropika, Tandai Hari Santri Ke-6 PCNU Pringsewu

Penanaman 6 Batang Kurma Tropika, Tandai Hari Santri Ke-6 PCNU Pringsewu

Pringsewu, NU Online

Menandai Peringatan Hari Santri 2020, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu Lampung melakukan penanaman enam batang pohon kurma. Kurma spesial yang bisa berbuah di daerah beriklim tropis ini ditanam di halaman komplek gedung PCNU Pringsewu, Kamis (22/10).


Alhamdulillah pada tahun ini rangkaian kegiatan Hari Santri ke-6 dapat kita gelar dengan 25 lebih item kegiatan. Untuk menandainya kita tanam kurma ini. Semoga akan berbuah dan menambah keberkahan di gedung NU ini,” kata Ketua PCNU Pringsewu, H Taufik Qurrahim saat penanaman.


Kurma yang ditanam ini merupakan hasil dari pembibitan yang dilakukan oleh salah satu pengurus PCNU Pringsewu yakni H Muhammad Faozan. Wakil Ketua PCNU Pringsewu ini mulai mengembangkan pembibitan kurma tropika  dan saat ini sudah melakukan penanaman di lokasi khusus untuk percontohan.


Di sela-sela penanaman, H Faozan menjelaskan tentang tata cara penanaman pohon kurma lengkap dengan cara perawatannya. Ia menjelaskan bahwa pohon kurma bisa berbuah di luar iklim panas yang merupakan iklim aslinya. Pohon kurma ada yang mampu tumbuh di daerah tropis seperti di Thailand dan Indonesia.

Foto: Penanaman kurma oleh Wakil Rais PCNU Pringsewu


“Kurma jenis ini sudah dikembangkan di Thailand dan sudah beradaptasi baik dengan kondisi cuaca dan iklim di daerah tropis. Jenis kurma ini juga bisa berbunga dan berbuah di daerah tropika, termasuk Indonesia,” jelasnya.


Ia berharap, kurma yang ditanam di komplek gedung NU tersebut dirawat dengan baik sehingga mampu tumbuh dan berbuah. Jika berbuah nantinya, maka kurma tersebut bukan hanya jadi pohon hias saja namun bisa dinikmati buahnya sekaligus bisa menjadi percontohan.


Ke enam pohon tersebut ditanam oleh perwakilan dari jajaran Syuriyah, Tanfidziyah, Pengasuh Pondok Pesantren, dan panitia Hari Santri.


Acara penanaman pohon  kurma tersebut dilakukan setelah para pengurus PCNU Pringsewu mengikuti upacara puncak peringatan Hari Santri yang dilaksanakan di komplek Islamic Centre Pringsewu. Dalam  kegiatan upacara tersebut dilakukan juga penanaman sebanyak sembilan pohon kurma di kawasan taman komplek Islamic Centre.


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor:  Aryudi AR


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search