skip to Main Content
Peran Nahdliyin Sumatera Barat Dalam MTQN Ke-28 Tahun 2020

Peran Nahdliyin Sumatera Barat dalam MTQN Ke-28 Tahun 2020

Padang, NU Online

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke-28 Tahun 2020 sudah berlangsung sejak Kamis (12/11) lalu. Kegiatan yang dijadwalkan hingga Sabtu (21/11) ini diikuti oleh 32 kafilah dari seluruh Indonesia dengan 1.476 peserta yang turut serta pada delapan cabang yang diperlombakan.


Berjalannya kegiatan ini tak lepas dari tangan dingin Nahdliyin Sumatera Barat. Dalam hal ini, Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Barat H Hendri berperan penting mengingat ia juga merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Barat.


Sementara itu, Ketua PWNU Sumatera Barat H Ganefri mengaku bersyukur atas MTQ Nasional yang kembali diselenggarakan di Ranah Minang. Ya, 37 tahun lalu, Provinsi Sumatera Barat pernah menjadi tuan rumah perhelatan akbar ini pada tahun 1983, MTQ Nasional Ke-13.


“Kita bersyukur setelah hampir 37 tahun baru kembali menjadi tuan rumah acara MTQ Nasional,” ujarnya kepada NU Online saat ditemui di Padang, Sumatera Barat, Selasa (17/11).


Ia menegaskan bahwa suksesnya MTQ Nasional Ke-28 ini juga menjadi kesuksesannya NU. Pasalnya, warga Nahdliyin banyak ambil bagian di dalamnya.


Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) turut membantu berjalannya kegiatan tersebut dengan membuka ruang-ruang kampusnya sebagai tempat penyelenggaraan. Dari 12 cabang yang diperlombakan, empat di antaranya dilaksanakan di kampus yang dipimpinnya.


Ganefri menyampaikan bahwa keikutsertaan Nahdliyin dalam perhelatan MTQ ini memang menjadi tugasnya dalam rangka menanamkan nilai-nilai Islam dan kebangsaan.


Sebab, sebagaimana diketahui, kegiatan MTQ ini tidak saja dilakukan secara luring. Akan tetapi, juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Bimas Islam Kementerian Agama. Hal itu menjadi syiar Islam kepada publik. “Momen MTQ momen mensyiarkan agama Islam,” katanya.


Sementara itu, Rais Syuriyah PWNU Sumatera Barat H Hendri menyampaikan bahwa Nahdliyin turut meramaikan perhelatan MTQ ini dari berbagai sektor, seperti keterlibatan sebagai panitia, peserta, hingga relawan. “Banyak relawan MTQ Nasional Ke-28 ini dari NU,” katanya.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Musthofa Asrori


 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search