skip to Main Content
Pertama Kalinya, Pelantikan Komisariat Diikuti 48 Sekolah Negeri Dan Swasta Di Tegal

Pertama Kalinya, Pelantikan Komisariat diikuti 48 Sekolah Negeri dan Swasta di Tegal

Tegal, NU Online 

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tegal menggelar ‘Pelantikan Masal Komisariat IPNU-IPPNU’ se Kabupaten Tegal. 

 

Kegiatan bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Tegal di Gedung PCNU Kabupaten Tegal, Senin (9/11) diikuti 48 sekolah negeri dan swasta se Kabupaten Tegal. 

 

Ketua PC IPNU Kabupaten Tegal Fuad Abdul Baqi Amasy mengatakan, acara pelantikan ini diikuti oleh seluruh sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Tegal dan beberapa sekolah negeri dan swasta lainnya di Kabupaten Tegal.

 

“Alhamdulillah dari 48 sekolah selanjutnya disebut pimpinan komisariat (PK), sedikitnya 480 pelajar NU se Kabupaten Tegal telah terbentuk komisariat baru dan sah menjadi pengurus komisariat di sekolah masing-masing,” katanya.

 

Fuad Abdul Baqi Amasy kepada NU Online Rabu (11/11) menjelaskan, dari 48 sekolah yang mengikuti Pelantikan Akbar Komisariat IPNU-IPPNU, 4 di antaranya yakni sekolah negeri di Kabupaten Tegal antara lain Komisariat SMPN 1 Slawi, SMPN 1 Pagerbarang, SMPN 2 Pagerbarang dan SMKN 1 Dukuhturi. 

 

“Pelantikan jangan hanya seremonial, tapi bisa dilaksanakan dengan baik mengembangkan IPNU satu tahun ke depan. Untuk mewujudkan dan membumikan pelajar Nusantara di Kabupaten Tegal,” harapnya.

 

Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Tegal H Alfatah dalam kesempatan itu menegaskan bahwa pembentukan komisariat di sekolah naungan Ma’arif adalah Wajib hukumnya. 

 

“Saya tegaskan sekali lagi, seluruh sekolah yang di bawah naungan LP Ma’arif hukumnya wajib berdiri komisariat IPNU-IPPNU nya,” tegasnya.

 

Pria yang juga Kepala SMP Negeri 1 Slawi itu menjelaskan, pentingnya penanaman nilai karakter pada siswa baik SMP/MTs dan SMA/K/MA agar menjadi pondasi yang kokoh di tengah derasnya tantangan zaman.

 

“Apresiasi untuk PC IPNU-IPPNU dan Pimpinan Komisariat (PK) yang dilantik. Semoga menjadi amal kita. Selamat dan sukses atas terselenggaranya pelantikan Akbar Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU. Merupakan pertama di kabupaten dan Jawa Tengah, dan satu-satunya di Indonesia,” pungkasnya.

 

 

Wakil Ketua PC IPNU Kabupaten Tegal bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren Ahmad Mudhofir mengatakan, PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal sebelumnya pada bulan Februari telah melakukan MoU dengan LP Ma’arif NU Kabupaten Tegal sebagai bentuk sinergis dalam menjalankan visi dan misi mencerdaskan kehidupan bangsa bagi para pelajar Nahdlatul Ulama. 

 

“Setelah sekian lama dari awal MoU, akhirnya pelantikan dan pembentukan komisariat di semua sekolah naungan LP Ma’arif NU dapat terlaksana. Meski di tengah pandemi tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat,” ujar Ahmad Mudhopir.

 

Selanjutnya kata Apin sapaan akrabnya, dikembalikan kepada PAC IPNU-IPPNU di masing-masing kecamatan, untuk kemudian di rawat dan dikembangkan sebagaimana yang telah ditentukan. 

 

Hadir dalam kegiatan itu, Rais Syuriyah PCNU KH Chambali Ustman, Ketua PCNU H Akhmad Was’ari yang juga Kepala Dinas Dikbud, Bupati Tegal Hj Umi Azizah, Anggota DPR RI Hj Nur Nadhifah, Ketua PC LP Ma’arif NU H Alfatah, Pimpinan Cabang Badan Otonom NU serta pembina IPNU-IPPNU. 


Berikut adalah nama sekolah yang telah berdiri komisariat dan telah dilantik yakni : 

01. SMKNU 1 Slawi

02. SMPN 1 Slawi

03. SMKNU 01 Islamiyyah Kramat

04. MTsNU 01 Kramat

05. SMPNU 01 Hasyim Asy’ari Tarub

06. SMP Pondok Hasyim Asy’ari Tarub

07. MTsNU 01 Tarub

08. SMANU 01 Hasyim Asy’ari Tarub

09. SMKNU Hasyim Asy’ari Tarub

10. SMA Takhasus Al-Qur’an Tarub

11. SMK-SMANU Wahid Hasyim Talang

12. MTsNU Wahid Hasyim Talang

13. MTsNU Bustanul Huda Talang

14. SMK Ma’arif NU Talang

15. SMKN 1 Karanganyar

16. SMPNU 01 Dukuhturi

17. SMPNU 02 Dukuhturi

18. SMP Al-Amin Dukuhturi

19. SMKNU 01 Dukuhturi

20. SMP Ma’arif NU 01 Jatinegara

21. SMP Ma’arif NU 04 Jatinegara

22. MTs Kusuma Husana Capar Jatinegara

23. SMK Ma’arif NU 01 Jatinegara

24. MTs Al-Falah Jatinegara

25. MTs Miftahul Ulum Jatinegara

26. SMP Ma’arif NU Margasari

27. MTsNU Miftahul Ulum Margasari

28. MANU Miftahul Ulum Margasari

29. MTsNU Prupuk Selatan Margasari

30. MTsNU 01 Warureja

​​​​​​​31. MTsNU Jejeg Bumijawa

​​​​​​​32. SMK Walijawa Kedungbanteng

33. MTs Husnaba Kedungbanteng

34. SMP Nawa Kartika Kedungbanteng

35. MTsNU 01 Suradadi

36. MTsNU 03 Suradadi

​​​​​​​37. SMANU 01 Suradadi

38. SMPN 1 Pagerbarang

39. SMPN 2 Pagerbarang

40. SMP Ma’arif NU Dukuhwaru

41. SMP Pangeran Purbaya Dukuhwaru

42. MTsNU Sunan Kalijaga Adiwerna

43. SMA/SMK Penawaja Adiwerna

44. SMKNU 01 Adiwerna

45. SMPNU Sunan Kalijaga Adiwerna

46. SMP Al Usmaniyah Lebaksiu

47. SMK Darussalam Kalibakung

48. SMK 1 Dukuhturi

 


Kontributor: Amiril, Nurkhasan

Editor: Abdul Muiz


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search