skip to Main Content
Pesantren Darul Ulum Jombang Berduka, Nyai Hj Azah As’ad Wafat

Pesantren Darul Ulum Jombang Berduka, Nyai Hj Azah As’ad Wafat

Jombang, NU Online

Innalilahi wa innailaihi rojiun. Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur berduka. Ini karena Nyai Hj Azah As’ad tutup usia.

 

“Ibu wafat, tadi setelah habis shalat Jumatan jam 13.43 WIB,” jelas putra Nyai Azah, KH Zaimuddin Wijaya As’ad, Jumat (23/10). 

 

Almarhumah Hj Azah As’ad merupakan istri dari KH As’ad Umar, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Umum ke-7 sekaligus sebagai penggerak pendidikan pondok pesantren pada masanya.

 

Nyai Azah menjadi salah satu sesepuh yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Darul Ulum saat ini. Nyai Azah wafat di asrama Asumta yang diasuhnya.

 

“Beliau meninggal karena sakit tua, faktor usia, tapi bukan karena Covid-19 atau penyakit yang lain. Penyakit biasa karena sudah sepuh. Tadi sempat mau dirujuk ke rumah sakit tapi sudah meninggal di perjalanan,” jelasnya.

 

Ketua Yayasan Unipdu Jombang KH Zaimuddin Wijaya As’ad (Gus Zuem) menjelaskan, jenazah Hj Azah As’ad dikebumikan di makam keluarga di Pesantren Darul Ulum Rejoso. “Dimakamkan di makam keluarga setelah Maghrib,” imbuhnya.

 

Sementara itu, putra Nyai Azah lainnya, KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans menjelaskan sang ibu adalah sosok pememilik hati yang seluas samudera. Sabar membimbing dan mendidik anaknya hingga bermanfaat di masyarakat Indonesia dan luar negeri. 

 

“Ibu rutin tahajud, puasa Senin-Kamis, Sempatkan shalat meskipun sakit,” tandas Pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum ini.

 

Kontributor: Syarif Abdurrahman

Editor: Syamsul Arifin


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search