skip to Main Content
Pesantren Peninggalan KH Ali Mustafa Yaqub Siapkan Webinar Dan Ragam Perlombaan

Pesantren Peninggalan KH Ali Mustafa Yaqub Siapkan Webinar dan Ragam Perlombaan

Jakarta, NU Online

Pesantren hadist Darus Sunnah Tangerang Selatan, Banten ikut merayakan Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Pesantren yang didirikan KH Ali Mustafa Yaqub tersebut mengisi peringatan Hari Santri dengan webinar dan beragam perlombaan.

 

Divisi Media dan Promosi Panitia Hari Santri Pesantren Darus Sunnah, Muhammad Bayu Pradana, mengatakan Webinar meliputi webinar penguatan bahasa dan leadership. Sementara perlombaan terdiri dari perlombaan qiroatul kutub, esai, dan lomba pidato Bahasa Arab antarpondok pesantren se-Indonesia. Lalu ada juga kompetisi olahraga, stand up comedy, dan debat khusus santri dan mahasantri Darus Sunnah. 

 

Kegiatan sudah berjalan sejak beberapa hari yang lalu saat ini beberapa perlombaan telah rampung dilaksanakan tinggal menunggu pengumumannya saja. Kata dia, pihaknya ingin mendorong santri agar tetap beraktivitas meski dibatasi oleh Covid-19. Aktivitas tersebut tentu adalah hal-hal yang bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan santri dan ilmu pengetahuan santri.   

 

“Kami juga sedang mempersiapkan upacara tepat di Hari Santri-nya,” kata Bayu kepada NU Online, Rabu (14/10). 

 

Untuk diketahui, Pesantren Darus Sunnah merupakan pesantren hadist pertama di Indonesia. Tujuan didirikannya pesantren ini adalah menyiapkan generasi yang memahami agama Islam dengan benar sebagaimana diamalkan salafus shalih. Pesantren ini juga mengembangkan dan menyebarkan hadis serta ilmunya, baik dalam studi dan pengamalan. 

 

Sistem pembelajaran di Darus-Sunnah adalah usaha kombinasi antara sistem pendidikan pesantren dan perguruan tinggi, juga antara praksis pengamalan dan budaya kajian pemikiran.

 

Masa pendidikan terhitung empat tahun atau delapan semester setingkat sarjana dan mendapat predikat lulusan License (Lc.). Waktu pembelajaran terbagi dua, yaitu pengajian pagi pukul 05.00 WIB (bakda Subuh) hingga 06.30 WIB; dan pengajian malam pukul 20.00 WIB (bakda Isya) sampai pukul 21.30 WIB.


Tahun 2020 merupakan kali pertama Pesantren Darus Sunnah memperingati Hari Santri dengan meriah karena sebelumnya hanya diperingati dengan acara-acara sederhana dan upacara bendera. Meski begitu komitmen Pesantren Darus Sunnah untuk mengenang peran kiai dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia tidak akan pernah luntur. 

 

Pada momentum Hari Santri tahun ini, Pesantren Darus Sunnah siap mewujudkan santri  yang berperan lebih besar dalam mempromosikan gerakan antinarkoba, gerakan antiradikalisme, gerakan santri amar makruf nahi munkar, hingga pada santri yang melek dunia perbankan, melek sain dan teknologi tentunya melalui perspektif Al-Qur’an dan hadist. 

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Kendi Setiawan


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search