skip to Main Content
PETUNJUK TEKNIS PERKULIAHAN TATAP MUKA (PTM) SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2021/2022  DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA

PETUNJUK TEKNIS PERKULIAHAN TATAP MUKA (PTM) SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2021/2022 DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Merujuk pada SK Rektor Nomor 50/UNINUS.R/2021 dan Surat Pemberitahuan Nomor 032/UNINUS.R/SU/PK/2022 berikut kami sampaikan petunjuk teknis pelaksanaan perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, yaitu :

1. Perkuliahan mulai dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2022 dengan penjelasan dan formasi perkuliahan sebagai berikut:

  1. UTS pertemuan/minggu ke-8) dan UAS (pertemuan/minggu ke-16) dilaksanakan oleh seluruh Fakultas secara DARING;
  2. FKIP, FIKOM dan Sekolah Pascasarjana melaksanakan perkuliahan secara LURING maksimal sebanyak 7 kali perkuliahan yaitu pada minggu ke-1, ke-3, ke-5, ke-7, ke-9, ke-11, dan ke-13. Sementara Perkuliahan dengan moda DARING dilaksanakan pada minggu ke-2, ke-4, ke-6, ke-10, ke-12, ke-14, dan ke-15;
  3. FAI, FKON, FKUM, FTAN dan FTEK melaksanakan perkuliahan secara LURING sebanyak 7 kali perkuliahan yaitu pada minggu ke-2, ke-4, ke-6, ke-10, ke-12, ke-14, dan ke-15. Sementara Perkuliahan dengan moda DARING dilaksanakan pada minggu ke-1, ke-3, ke-5, ke-7, ke-9, ke-11, dan ke-13;
  4. Jika pada minggu tertentu ada mata kuliah yang harus dilakanakan secara LURING tetapi jatuh pada hari libur, maka pengganti pertemuan dilaksanakan secara DARING;
  5. Jika terdapat mahasiswa yang tidak dapat mengikuti perkuliahan secara tatap muka atau LURING, dosen dapat menggantinya dengan memberi tugas khusus terhadap mahasiswa tersebut;

2. Kapasitas setiap rombongan belajar untuk tatap muka maupun daring harus dipergunakan secara maksimal yakni sebanyak 40 mahasiswa tiap rombongan belajar. Tidak diperkenankan membuat rombongan belajar baru ketika jumlah mahasiswa tidak melebihi 40 orang.

3. Dosen Pengampu mata kuliah wajib memiliki akun litera dan tidak diperkenankan diampu oleh dosen purna bakti, dosen yang tidak memiliki NIDN maupun dosen yang bukan homebase di Universitas Islam Nusantara (Uninus).

4. Jika akan menggunakan dosen tidak memiliki NIDN (Praktisi), dosen bukan homebase di Uninus maupun dosen yang sedang mengurus NIDN/NIDK, maka dosen tersebut hanya diperbolehkan menjadi dosen pendamping (team teaching) dengan pembagian mengajar yang ditentukan oleh dosen pengampu atau atas kesepakatan bersama.

5. Nilai UAS untuk semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 mohon segera diselesaikan dan diinput ke Litera paling lambat pada tanggal 4 Februari 2022.

6. Perubahan Nilai atau Perbaikan Nilai Mata Kuliah Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 diinput ke Litera paling lambat sampai tanggal 26 Februari 2022.

7. Khusus untuk Sekolah Pascasarjana terdapat ketentuan sebagai berikut:

  1. Bimbingan Bersama (BIMBER) dilaksanakan dalam bentuk atau format Seminar Hasil Penelitian Disertasi;
  2. Seminar Hasil Penelitian Disertasi dilaksanakan sebagai prasyarat sebelum melaksanakan sidang tertutup dan diuji oleh tim promotor yang mendapatkan honor menguji sesuai standar tarif Uninus;
  3. Pelaksanaan Sidang Ujian Tertutup dipimpin oleh Promotor sekaligus sebagai Penguji 1 dan didampingi oleh 4 (empat) Penguji lainnya yang terdiri dari Penguji 2: Co-Promotor, Penguji 3: Anggota Tim Promotor, Penguji Dalam dan Penguji Luar;
  4. Pelaksanaan Sidang Ujian Terbuka dapat dipimpin oleh Direktur Sekolah Pascasarjana, Wakil Rektor dan Rektor dengan penguji sebanyak 5 (lima) orang terdiri dari Penguji 1: Promotor, Penguji 2: Co-Promotor, Penguji 3: Anggota Tim Promotor, Penguji Dalam dan Penguji Luar;
  5. Jika memungkinkan, Sidang Ujian tertutup maupun Sidang Ujian Terbuka dapat dilaksanakan secara paralel untuk beberapa mahasiswa dengan ketentuan bahwa pengumuman kelulusan beserta yudisiumnya tetap dilaksanakan secara bersama dalam sidang pleno.

Demikian surat edaran ini disampaikan, adapun landasan yang lebih memperkuat dan lebih rinci terkait petunjuk teknis perkuliahan ini akan kami tuangkan dalam bentuk Peraturan Rektor dan Standar Prosedur Operasional yang akan disampaikan segera. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

untuk melihat surat edaran klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search