skip to Main Content
Presiden Sebut MTQ Sebagai Jalan Edukasi Umat

Presiden Sebut MTQ sebagai Jalan Edukasi Umat

Jakarta, NU Online

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka secara resmi penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke-28 Tahun 2020 pada Sabtu (14/11).

 

“Dengan mengucap ‘Bismillahirrahmanirrahim’, Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-28 tahun 2020 di Padang Provinsi Sumatera Barat dengan resmi saya nyatakan dibuka,” ujarnya secara virtual.

 

MTQ ini akan diikuti oleh peserta terbaik dari seluruh Indonesia. Jokowi menyebut mereka sebagai generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya yang unggul, kompetitif dan yang berkarakter islami sebagaimana Rasulullah.

 

Karenanya, ia menyebut MTQ bukan sekadar sarana untuk berkompetisi, menemukan anak bangsa yang ahli dalam pembacaan Al-Qur’an. Lebih dari itu, penyelenggaraan ini merupakan sarana untuk mendidik masyarakat agar mengkhidmati Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

 

“MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih lomba baca Al-Qur’an, tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka,” ujar Presiden.

 

MTQ, lanjutnya, juga merupakan bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat. Ia meyakini, MTQ dapat melahirkan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang Muslim tetapi juga akan memperkokoh semangat persaudaraan seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, baik ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama anak bangsa), ataupun ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama umat manusia). 

 

“Semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW harus jadi semangat kita bangsa Indonesia di masa demi seperti sekarang ini,” ujar Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 itu.

 

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan agar seluruh elemen masyarakat dapat tulus bahu-membahu dalam meringankan beban saudara-saudara yang sedang mengalami masa-masa sulit.

 

“Kita harus ikhlas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku agama ataupun kelompok berbagi untuk meringankan beban saudara-saudaranya yang sedang menghadapi kesulitan,” ujarnya.

 

Pembukaan MTQ Nasional Ke-28 Tahun 2020 ini digelar di Stadion Utama Sikabu, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

 

Pewarta: Syakir NF

Editor: Kendi Setiawan


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search