skip to Main Content
Puja Abdillah Dan Rizki Hidayat Pemain Sepak Bola Profesional Kuliah Di Uninus

Puja Abdillah dan Rizki Hidayat Pemain Sepak Bola Profesional Kuliah di Uninus

Puja Abdillah dan Rizki Hidayat Pemain Sepak Bola Profesional Kuliah di Uninus

Bandung, Uninus.ac.id
Di antara pemain Persib Bandung yang menimba ilmu di Universitas Islam Nusantara adalah Puja Abdillah dan Rizki Hidayat. Keduanya hadir pada buka puasa bersama yang dilaksanakan Uninus Football Club (UFC) di Kantin Uninus, Jalan Soekarno Hatta No 530 Kota Bandung, Minggu (17/4/2022).

Puja Abdillah merupakan pemain Persib di Liga I musim 2021/2022 dan Rizki Hidayat yang akrab disapa Kinyun adalah pemain RANS Cilegon FC musim 2021/2022.

Berdasarkan data Pikiran Rakyat, Puja Abdillah lahir di Bandung, 27 November 1996. Tinggi badan 170 cm, posisi bek kiri dengan nomor punggung 27. Sebelumnya ia bergabung di Persib Junior. Lalu sejak Liga 1 musim 2017 ia masuk skuad Persib.

Di tengah kesibukannya sebagai pemain bola profesional Puja Abdillah berhasil merampungkan kuliahnya di Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan. Ia mendapatkan gelar sarjana (S.Pd) setelah turut diwisuda pada akhir Desember 2021.

Web resmi Persib Bandung mengucapkan selamat saat Puja Abdillah meraih gelar sarjana. Web itu menjelaskan, untuk menuntaskan studinya, Puja Abdillah disibukkan dengan latihan sebagaimana umumnya pemain profesional dan mengisi kesehariannya seperti mahasiswa pada umumnya, yaitu belajar, mengerjakan tugas dan mengikuti ujian.

“Alhamdulillah, saya bangga sudah lulus kuliah. Kebanggaan diri sendiri juga keluarga. Selama ini saya berusaha bagi waktu biar kuliah dan latihan bisa berjalan. Ini bekal saya. Semoga bermanfaat buat masa depan,” kata Puja sebagaimana ditulis persib.co.id.

Sementara Rizki Hidayat yang juga mahasiswa Uninus pada prodi yang sama, PLS belum sempat menyelesaikannya. Tidak seperti Puja, Rizki meskipun diawali dari Persib junior, ia pernah merumput di beberapa klub sepak bola.

Berdasarkan data energibangsa.id Rizki memulai karier sepak bola dengan bergabung di SSB Saswco Bandung, Persib U-15, Persib U-17, Diklat Persib, Persib U-21 ( 2016 ), Porda Kota Bandung 2018, Maung Anom ( 2017-2018), Persib 2018 (magang), Persip Pekalongan 2019, Persijap Jepara (pertengahan 2019), kemudian yang terbaru di Rans Cilegon FC.

Puja dan Kinyun berteman sejak SD di daerah Cicalengka. Keduanya memang beda desa tapi masih tetanggaan. Keduanya semakin dekat karena sama-sama memiliki hobi sepak bola dan bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional. Bersyukur keduanya dibimbing ayah Puja yang memiliki karakter sebagai pelatih yang membimbing dan mengarahkan mereka.

“Rajin latihan, harus rajin, jangan bosen latihan,” kata Puja saat ditanya kunci sebagai pemain sepak bola profesional.

Kinyun menambahkan, selain latihan bersama tim, pemain sepak bola harus latihan tambahan secara mandiri.

“Yang paling penting tambahan latihan sendiri,” kata Kinyun yang juga dibenarkan Puja. “Tergantung kekurang kita,” tambahnya.

Latihan sendiri itu, terang Kinyun sesuai dengan kebutuhan seorang pemain. Ketika dia merasa membutuhkan untuk kecepatan berlari, maka teruslah berlatih secara mandiri untuk menambah kekuatan dan kecepatannya. Jika seorang pemain merasa lemah di tendangan, maka harus terus-terusan berlatih menendang secara mandiri.

Puja mengaku sangat mengidolakan Ryan Giggs yang sama-sama mengandalkan kaki kiri, serta bermain secara simple, tapi efektif. Sementara Kinyun mengidolakan Cristiano Ronaldo yang konsisten serta selalu disiplin baik di luar maupun di dalam lapangan.

Puja dan Kinyun sepakat bahwa pendidikan formal bagi seorang atlet itu sangat penting sehingga keduanya merelakan sebagian dari kesibukannya untuk kuliah di Uninus.

“Menjadi seorang pemain sepak bola itu ada masanya. Kalau sudah pensiun jadi atlet, saya tidak mau nganggur, setidaknya kita sudah sarjana,” kata Puja. “Kalau sudah sarjana kan bisa ngelanjutin S2,” tambahnya.

“Pengetahuan itu sangat penting di samping buat setelah pensiun. Teu bingung rek kamamana,” komentar Kinyun yang senang bermain motor trail.

Saat buka puasa bersama UFC, keduanya ia mengaku senang ketika Uninus berniat akan membangkitkan kembali kejayaan sepak bolanya. Untuk tujuan itu, menurut keduanya harus dipenuhi terlebih dahulu fasilitasnya.

“Uninus harus sudah punya lapangan sepak bola. Kampus-kampus lain sudah punya lapangan sendiri. Sangat disayangkan, pemian Persib banyak di Uninus tapi tak punya lapangan,” kata Kinyun.

Selain Puja dan Kinyun, beberapa pemain Persib yang pernah menimba ilmu di Uninus adalah Djajang Nurjaman, Ajat Sudrajat, Boyke Adam, Mimin Suryamin, Nandang Kurnaedi, Usep Munandar, Henhen Herdiana, Deden Natsir, Abdul Aziz, dan lain-lain

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search