skip to Main Content
Safari Dakwah Dan Lomba Shalawat, Cara Muslimat NU Subang Meriahkan Maulid Nabi

Safari Dakwah dan Lomba Shalawat, Cara Muslimat NU Subang Meriahkan Maulid Nabi

Subang, NU Online

Dalam rangka menyemarakkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Subang menggelar kegiatan safari dakwah dan lomba shalawat untuk para pengurus dan kader yang tersebar di 30 Pimpinan Anak Cabang (PAC).

 

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Subang, Hj Iis Salamah mengungkapkan, biasanya kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar di satu titik dan dihadiri oleh para pengurus dan jamaah Muslimat NU se-Kabupaten Subang, namun di tahun 2020 ini semuanya serba dibatasi karena adanya pandemi.

 

“Untuk menghindari kerumunan massa mengingat adanya pandemi Covid-19 maka kegiatan peringatan maulid Nabi 1442 H ini digelar di masing-masing PAC melalui safari dakwah dan lomba shalawat,” ungkapnya usai mengikuti rapat Reboan di Kantor PCNU Subang, Jalan Darmodiharjo, Sukamelang, Subang, Rabu (4/11)

 

Iis pun menjelaskan, dalam safari dakwah, tim dari PC Muslimat dan PCNU Subang berkunjung ke seluruh kepengurusan tingkat kecamatan atau Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk menggelar pengajian. Menurutnya, kegiatan ini sampai sekarang masih berlangsung. “Kita membawa penceramah dari PCNU Subang untuk mengisi pengajian,” ujarnya.

 

Sementara terkait lomba shalawat, ia menyampaikan, salah satu tujuannya untuk memohon syafaat Rasulullah agar wabah Covid-19 yang saat ini melanda dunia bisa segera pergi.

 

“Membaca shalawat merupakan salah satu ungkapan dan bukti rasa cinta kita kepada Rasulullah sehingga peringatan Maulid Nabi di masa pandemi ini disepakati untuk mengadakan lomba shalawatan,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut Iis menambahkan, teknis pelaksanaan lomba ini cukup simpel. Yaitu, setiap PAC Muslimat NU se-Kabupaten Subang harus membentuk kelompok. Masing-masing kelompok tersebut kemudian membacakan shalawat dengan divideo. Selanjutnya video itu dikirim ke panitia untuk dinilai. 

 

“Kami menilai dari berbagai sisi mulai dari kekompakan, suara, penampilan, dan sebagainya,”tambahnya.

 

Diceritakannya, para pengurus dan kader Muslimat NU di Kabupaten Subang menyambut kegiatan lomba ini dengan sangat antusias meskipun hadiah yang disiapkan untuk para pemenang terhitung sederhana.

 

“Walaupun hadiah yang disiapkan bisa dibilang sederhana tapi alhamdulillah semua PAC menyambutnya dengan sangat antusias, karena semuanya paham bahwa tujuan kegiatan ini adalah memperingati Maulid Nabi bukan mencari hadiah,” pungkasnya.

 

Kontributor: Aiz Luthfi

Editor: Syamsul Arifin 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search