skip to Main Content
Sambut Hari Pahlawan, Mahasiswa UIN Walisongo Kerja Bakti Bersama Warga

Sambut Hari Pahlawan, Mahasiswa UIN Walisongo Kerja Bakti Bersama Warga

Semarang, NU Online

Menyambut Hari Pahlawan 2020, para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Regular dari Rumah 75 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melakukan kerja bakti. Aksi kerja bakti dengan membersihkan saluran air di sepanjang Jalan Prof Hamka, Ngaliyan, Semarang, Ahad (8/11) bersama warga RW XIV Tambakaji Ngaliyan.

 

Sejak pagi hari, puluhan warga RW XIV Tambakaji Ngaliyan dan Mahasiswa KKN ini sudah mulai bergerak ke titik-titik yang sudah ditentukan. Beberapa peralatan mulai dari sapu dan  sabit tidak lupa mereka bawa. Bahkan ada juga yang membawa cangkul.

 

“Selain untuk menyambut Hari Pahlawan, kegiatan kerja bakti saluran air ini bertujuan meningkatkan kepedulian warga terhadap lingkungan sekitar. Terlebih di masa pandemi seperti ini, meskipun interaksi di luar rumah di kurangi, tapi rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar tak boleh diabaikan,” ungkap Ketua RW XIV Tambakaji Ngaliyan, Sukirno.

 

Mereka dibagi menjadi beberapa titik dan tugas. Dari langsung turun ke saluran air, mengambil sampah plastik yang berserakan, hingga memotong rumput yang membuat saluran air menggenang.

 

Sukirno menjelaskan dalam kegaiatan ini, warga juga diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan, minimal menggunakan masker dan selalu cuci tangan dengan baik dan benar.

 

“Kami tetap mengutamakan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan selalu cuci tangan dengan baik dan benar,” kata Sukirno.

 

Ketua RT 01/RW XIV Tambakaji Ngaliyan, Ahmad Dzikron mengungkapkan kegiatan kerja bakti yang melibatkan warga RW XIV dan berkolaborasi dengan mahasiswa KKN UIN Walisongo ini sangatlah menarik. Selain warga terbantu, dari mahasiswa KKN pun ikut mendapat pengalaman baru.

 

“Sangat menarik dan semangat terlihat dari para warga dan mahasiswa KKN, selain terbantunya warga dalam kegiatan kerja bakti, mahasiswa KKN pun akan memperoleh pengalaman baru dengan cara berinteraksi langsung dengan semua warga, terlebih sebagai pembelajaran untuk kehidupan real di masyarakat,” ujarnya.


Haris, anggota mahasiswa KKN UIN Walisongo mengatakan dari mahasiswa KKN juga merasa ikut senang dapat berbaur dan membantu kegiatan warga, apalagi bertepatan dengan momen Hari Pahlawan.

 

“Kami merasa senang dapat menjadi bagian dari warga RW XIV untuk bisa membantu kegiatan bersih-bersih saluran air ini. Apalagi kegiatan ini juga menyongsong momen Hari Pahlawan, jika pahlawan dulu berjuang dengan cara perang, sekarang waktunya kita berjuang dengan cara merawat dan peduli lingkungan,” jelasnya.

 

Kontributor: Rizal

Editor: Kendi Setiawan


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search