skip to Main Content
Satgas NU Peduli Jombang Edukasi Cegah Covid-19 Dengan Beragam Lomba

Satgas NU Peduli Jombang Edukasi Cegah Covid-19 dengan Beragam Lomba

Jakarta, NU Online

Satgas NU Peduli Covid-19 Kabupaten Jombang Jawa Timur terus menyosialisasikan pola hidup sehat cegah Covid-19. Memeriahkan Hari Santri 2020 yang bertema Santri Sehat Indonesia Kuat menjadikan program kegiatan Satgas dibuat untuk penguatan edukasi dan sosialiasi hidup sehat dengan disiplin protokol Covid-19 kepada masyarakat Jombang.

 

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Kabupaten Jombang, Didin Ahmad mengatakan dengan program-program tersebut diharapkan ada sinergi partisipasi dam kolaboratif antara semua elemen warga masyarakat untuk secara bersama meminimalkan penyebaran Covid-19.

 

“Hari Santri adalah momentum baik bagi Satgas NU Peduli Jombang untuk mengajak peran aktif masyarakat sebagai influencer bagi kesadaran berpola hidup sehat di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

 

Selain mengedukasi dalam pertemuan langsung dengan masyarakat, upaya yang dilakukan adalah melalui perlombaan-perlombaan terkait sosialisasi pencegahan Covid-19.


Pertama adalah Lomba Video Pendek Gerakan 3 M, Santri Sehat Indonesia Kuat. Persyaratannya, tema video Gerakan 3 M, Santri Sehat Indonesia Kuat. Peserta lomba adalah warga jombang, pelajar atau santri pondok pesantren di Jombang. Video dapat bersifat individu atau kelompok minimal tiga orang. Karya asli (original) dan tidak melanggar hak cipta. Kemudian, apabila di kemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung

jawab terhadap hal tersebut.

 

Kemudian, video hendaknya tidak mengandung unsur promosi sebuah brand, SARA, kekerasan, dan/atau pornografi. Karya merupakan hasil karya sendiri,belum pernah dipublikasikan, belum pernah disertakan pada lomba sejenis, dan tidak sedang disertakan pada lomba lainnya (dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai). Durasi video maksimal tiga menit. Format MP4, HD (dengan resolusi minimal 1080px x 608px).

 

Selain itu, wajib mencantumkan logo Panitia HSN Kabupaten Jombang dan Logo Ansor. Video menjadi hak milik panitia. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat. Publikasi video dilakukan setelah diumumkan pemenang. Pemenang lomba dapat dilihat pada website dan media sosial PC GP Ansor Jombang, setelah diumumkan secara resmi.

 

Lomba tersebut tidak dipungut biaya. Materi lomba video pendek dikirim ke email jombanggpansor@gmail.com dengan subjek: Lomba Video_Judul Video_Asal Grup/Individu

(Contoh: Lomba Video_Judul Video_Tambakberas Jombang).


Batas waktu pengiriman video sampai 01 November 2020. Batas registrasi peserta sampai tanggal 25 Oktober melalui google form https://s.id/SantriSehat. Video yang telah dikirim melalui email akan masuk pada seleksi awal panitia. Apabila dinyatakan lolos akan ditayangkan di Youtube Ansor TV Jombang Channel pada tanggal 1 November 2020.

 

 

Panitia menyediakan hadiah Rp1000.0000 untuk juara 1, Rp750.000 untuk juara 2, dan Rp500.000 untuk juara 3, serta Rp300.000 untuk juara favorit. Semua pemenang juga akan mendapatkan tropi dan sertifikat.

 

 

Lomba Esai

Selain lomba video, Satgas NU Peduli Covid-19 Kabupaten Jombang juga mengadakan lomba menulis esai. Temanya adalah Santri Sehat, Indonesia Kuat.

 

Adapun ketentuan lomba adalah, peserta warga Jombang berusia 17-30 tahun, menyertakan foto KTP, jumlah kata 750-1000. Naskah diitulis dalam format Microsoft Word menggunakan font Times New Roman ukuran A4. Naskah dikirim ke email nujumbangonline@gmail.com.

 

Lomba akan memilih tiga pemenang, 1, 2, dan 3. Peserta mem-follow akun media sosial NU Jombang Online (Fanpage Facebook dan Instagram). Pengumuman pemenang lomba tanggal 7 November 2020. Tulisan pemenang diunggah di website NU Online Jombang, jombang.nu.or.id

 

Untuk lomba esai ini kriteria penilaian mencakup originalitas tulisan dan atraktif judul atau topik yang diangkat, format penulisan, penggunaan bahasa, ketajaman analisis permasalahan, manfaat dan urgensi permasalahan yang diangkat, serta kesimpulan dan saran.

 

Para pemenang lomba esai akan menerima uang saku Rp1000.000 untuk juara 1, Rp750.000 untuk juara 2, dan Rp5000.000 untuk juara 3. Selain itu para juara juga mendapatkan tropi dan sertifikat.

 

Lomba Fotografi

Lomba berikutnya adalah lomba fotografi ‘Belajar Daring kala Pandemi Covid-19’. Lomba ini untuk warga Jombang, memiliki akun sosial media diprioritaskan instagram, mengunggah lima foto terbaik di saat belajar daring di akun Instagram masing-masing. Foto disertai caption menarik, follow @nujombangonline, tag @nujombangonline, menggunakan tagar wajib #HSN2020 #SantriSehatIndonesiaKuat #IndonesiaCepatPulih #Jagajarak #cucitangan #pakaimasker, dan tag tiga teman.

 

Panitia akan mengambil 10 akun Instagram dengan postingan terbaik, masing-masing pemenang mendapat uang saku Rp100.000 dan sertifikat. Pengumuman pemenang 7 November 2020 di Instagram @nujombangonline

 

Pewarta: Kendi Setiawan

Editor: Fathoni Ahmad


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search