skip to Main Content
Tanggapi Pilpres AS, Wakil Ketua MPR Harap Hubungan RI-AS Lebih Baik

Tanggapi Pilpres AS, Wakil Ketua MPR Harap Hubungan RI-AS Lebih Baik

Jakarta, NU Online

Pemilihan Presiden Amerika Serikat sudah rampung. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Jazilul Fawaid mengatakan, kepentingan Indonesia kepada AS dan sebaliknya harus lebih baik ke depannya, baik dari hubungan bilateral, ekonomi, budaya dan lainnya. Hubungan baik itu harus dibangun atas kerja sama yang saling menguntungkan.


Menurutnya, siapa pun yang terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, Indonesia sebagai negara yang berdaulat harus menaikkan daya tawar persahabatan yang saling menguntungkan.


Jazil menjelaskan bahwa kedua capres memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam konteks hubungan dengan Indonesia.


Selama ini, katanya, Trump lebih banyak mengenal dengan beberapa pengusaha Indonesia, sedang Biden belum.


“Dan di era Biden ini, sebagian menganggap Biden lebih soft dibanding Trump, cuma ada sebagian yang lain dari segi ekonomi, Trump lebih memiliki hubungan erat dengan Indonesia dibandingkan Biden. Jadi ada plus minus lah,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu kepada wartawan, Ahad (8/11) lalu.


Sebagaimana diketahui bersama, Joe Biden telah memenangkan hajatan politik empat tahunan itu. Ia berhasil mendapatkan suara elektoral lebih dari 270 sebagai ambang batasan minimal, tepatnya 290, sedang Donald Trump sebagai petahana yang menjadi lawannya hanya mampu mendapatkan 214 suara elektoral.


Pendukung Biden di seantero negeri pun langsung bersorak. “Saya merasa terhormat dan rendah hati atas kepercayaan yang diberikan rakyat Amerika kepada saya dan Wakil Presiden terpilih Harris,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Fox News, Sabtu (7/11).


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search