skip to Main Content
Tingkatkan Ekonomi, Ansor Winong Pati Usaha Ternak Bebek

Tingkatkan Ekonomi, Ansor Winong Pati Usaha Ternak Bebek

Pati, NU Online

 

Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Winong, Pati melalui Lembaga Perekonomian GP Ansor Winong meresmikan Kelompok Usaha Bersama dengan Nama ‘KUB Ternak Kita’. Peresmian ini bersamaan dengan peluncuran produk Jamu Herbal Ternak ‘Vitjoss’ yang diproduksi oleh KUB Ternak Kita. 

 

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Winong, Sabar Halim mengatakan pada saat pandemi Covid-19 terobosan usaha dibidang ekonomi sangat dibutuhkan anggota dan masyarakat. “Maka dengan adanya pembentukan KUB ini mampu menjawab persoalan sulitnya ekonomi di tengah pandemi,” katanya pada acara yang berlangsung Jumat (9/10).

 

Ia menjelaskan, KUB Ternak Kita bergerak di bidang usaha peternakan khususnya bebek. KUB ini menyediakan segala kebutuhan ternak dari DOD atau bibit bebek Peking, DOD bebek Hibrida, DOD bebek lokal, pakan unggas (trembel), konsentrat, vitamin ternak, suplemen ternak, tetes, kosentrat, alat-alat ternak dan juga menampung pembelian bebek dari Anggota Toko Ternak Kita.

 

“Syarat untuk menjadi anggota toko ternak kita cukup mudah, masyarakat cukup mengisi Formulir kesedian menjadi anggota dan melampirkan FC KTP. Selanjutnya akan mendapat Kartu Anggota dan Buku tabungan anggota. Buku tabungan ini dimaksudkan untuk mencatat seluruh belanja anggota dalam satu tahun dan selanjutnya akan dikembalikan pada anggota sebanyak dua persen pada akhir tahun,” jelasnya.

 

Dengan demikian anggota Toko Ternak Kita bukan hanya anggota GP Ansor, melainkan juga dari masyarakat umum yang ingin bergabung.

 

Selain pengembangan usaha ekonomi bagi anggota, KUB Ternak Kita juga punya misi mengembangkan ekonomi untuk masyarakat. KUB Ternak Kita telah melakukan pelatihan gelombang 1 budidaya bebek sebanyak 35 orang. “Dan hari Minggu (Ahad) besok tanggal 11 Oktober 2020 akan melakukan pelatihan Budidaya Penggemukan Bebek tahap 2,” imbuhnya.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Winong Bpk Dofir Maqosid mengapresiasi sepenuhnya mendukung usaha yang dilakukan oleh GP Ansor Kecamatan Winong yang melakukan terobosan ekonomi bagi angora Ansor dan masyarakat. Ia berpendapat bahwa kegiatan ini benar-benar dinantikan masyarakat dan nantinya akan berkembang besar dan pesat di Kecamatan Winong.


 

“Kami selaku orang tua mendukung penuh segala upaya yang dilakukan Adik-adik Ansor Winong dalam menjawab permasalahan ekonomi di tengah masyarakat saat ini. Dan, kami siap membantu jika dibutuhkan untuk mendukung berkembangnya usaha ini,” imbuhnya.


Peresmian KUB Ternak Kita ditandai dengan pemotongan Pita oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pati Itqonul Hakim, sedangkan peluncuran Produk Jamu Herbal VitJoss ditandai dengan penyerahan VitJoss oleh Komisaris KUB Ternak Kita Sabar Halim kepada PC GP Ansor Kabupaten Pati.

 

MWCNU Kecamatan Winong lalu memberikan Kartu Anggota kepada Direktur Ternak Kita Sholahudin (Wakil Ketua 3 PAC Winong) sebagai simbol amanah yang diberikan kepada Direktur KUB Ternak Kita.


Peserta disuguhi panitia dengan masakan spesial ‘Bebek INUK’. Ini juga salah satu produk yang nantinya akan dikembangkan KUB Ternak Kita setelah mempunyai rumah makan sendiri. Namun, karena keterbatasan modal saat ini, untuk sementara usaha difokuskan pada penyediaan kebutuhan penggemukan ternak dulu.

 

Kontributor: Fikrul Umam

Editor: Kendi Setiawan


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search