skip to Main Content
Uninus Teken MoU Terkait RPL Dengan PW HIMPAUDI Jawa Barat Dan FKG PAI TK Jawa Barat

Uninus Teken MoU terkait RPL dengan PW HIMPAUDI Jawa Barat dan FKG PAI TK Jawa Barat

Bandung, Uninus.ac.id

Universitas Islam Nusantara (Uninus) menandatangani MoU dengan Pengurus Wilayah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Jawa Barat dan Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-kanak (FKG PAI TK) Jawa Barat, di aula lantai dasar Rektorat Uninus, Jalan Soekarno Hatta No 530, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

Dari pihak Uninus MoU ditandatangani Plt. Rektor Dr. H. Achmad Saefurridjal, M.Ag., dari Himpaudi Jawa Barat oleh Ketua Bidang Humas dan Kerjasama Dewi Agustiani M.Pd., sementara FKG PAI TK Provinsi Jawa Barat oleh Ketua Nunung Ratnaningsih SPd. MM.

Menurut Anita Kresnawaty, M.M.Pd., MoU itu  dalam rangka menjalankan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang akan dijalankan Program Studi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada tahun akademik baru.

“Jaringan mereka terhubung langsung kepada para guru dan kepala sekolah PAUD di lapangan. Kita bekerja sama dengan mereka melalui kelas khusus RPL. Jadi, kelas RPL ini akan dipisahkan dengan kelas reguler,” kata dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurut Anita, RPL merupakan kelas yang menghargai pengalaman dan menghargai kompetensi dengan waktu yang lebih singkat dari reguler. Namun demikian, RPL ini bukan cara mudah mendapatkan ijazah, tapi cara lain.

“RPL adalah pengakuan atas capaian calon mahasiswa yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal dan informal atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal melalui penyetaraan mata kuliah tertentu,” jelasnya.

Calon mahasiswa RPL, lanjutnya, akan diasesemen dengan tahapan evaluasi diri, wawancara dengan asesor internal dan bila perlu mendemonstrasikan keterampilan tertentu sebagai bukti kompetensi.

Lebih lanjut menurut dia, MoU akan ditindaklanjuti setelah Lebaran nanti melalui sosialisasi ke lapangan langsung dengan ruang lingkup mencakup kabupaten dan kota di Jawa barat.

“Jadi sosialisasi RPL ke komunitas guru-guru akan difasilitasi oleh mereka,” katanya.

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Pokjawas PAI Kota Bandung Ade Sukmana, M.M.Pd. dan Wakil Sekretaris Yayasan Uninus Bambang Yasmadi, para pengawas RA se-Kota Bandung, PD IGRA Kota Bandung, PD IGRA Kabupaten Bandung, dan Ketua KKRA Kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
×Close search
Search