skip to Main Content
Unnes Semarang Bakal Anugerahi Gelar Doktor Honoris Causa Ke Habib Lutfi Bin Yahya

Unnes Semarang Bakal Anugerahi Gelar Doktor Honoris Causa ke Habib Lutfi bin Yahya

Semarang, NU Online 

Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyah (Jatman) Habib Muhammad Lutfi bin Ali Yahya bakal dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). 

 

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan, penganugerhan gelar DR HC pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana Unnes Bidang Komunikasi Dakwah dan Sejarah Kebangsaan 

kepada Habib Lutfi akan dilaksanakan di Aula kampus Unnes Pasekaran Gunungpati Semarang, Senin (9/11) mendatang.

 

“Di forum itu Habib Lutfi akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul Strategi Komunikasi Pemberdayaan Umat Dan Sejarah Kebangsaan,” kata Prof Fatkhur kepada NU Online di Semarang, Selasa (3/11).

 

Disampaikan, penganugerahan doktor kehormatan ini merupakan wujud keikutsertaan Unnes bersama masyarakat dalam memuliakan dan mengungkapkan rasa hormat, cinta, dan bangga kepada salah satu ulama, guru, dan sekaligus tokoh kharismatik yang telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara.

 

“Selama ini Habib Luthfi dikenal sebagai sosok atau figur yang tidak kenal lelah dalam gerakan peningkatan rasa nasionalisme dan kebangsaan melalui  berbagai cara. Salah satunya yang menonjol adalah melalui jalur seni dakwah yang menyejukkan,” tegasnya.

 

Dikatakan, melalui aktivitas-aktivitas seni dan dakwahnya, tokoh yang juga Ketua Forum Ulama Sufi Dunia ini mampu menyejukan suasana di tengah dinamisnya demokrasi, sehingga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia yang dibangun di atas kebinekaan tetap terpelihara.

 

Kepala UPT Humas Unnes, Muhammad Burhan mengatakan, promotor penganugerahan DR HC Habib Lutfi bin Yahya ini adalah Prof Fatkhur Rokhman (Rektor Unnes) sedang copromotornya adalah Prof Imam Taufiq (Rektor UIN Wali Songo Semarang) dengan anggota Prof Zaenuri dan Prof Agus Nuryatin.

 

“Direncanakan upacara penganugerahan DR HC ini akan dihadiri beberapa tamu kehormatan yakni Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Jawa Tengah, Ketua Umum PBNU dan Ketua Umum PP Muhammadiyah,” bebernya.

 

Selain itu lanjutnya, direncanakan hadir Walikota Semarang, Kapolda Jawa Tengah, Kodam IV/Diponegoro, Para Rektor Perguruan Tinggi dan Koordinator LL Dikti Wilayah V dan VI, para habaib, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat, dan beberapa tamu undangan lainnya,” pungkasnya.

 

Saat ini Habib Luthfi bin Yahaya yang pada tanggal 10 Nopember 2020 mendatang genap berusia 73 tahun memegang beberapa jabatan penting. Selain sebagai Rais Aam Jatman dan Ketua Forum Ulama Sufi Dunia, juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Umum MUI Jawa Tengah dan Kota Pekalongan.

 

Kontributor: Samsul Huda

Editor: Abdul Muiz

 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search