skip to Main Content
Yuk, Bantu Korban Banjir Bandang Dan Tanah Longsor Di Cilacap, Ini Saluran Donasinya

Yuk, Bantu Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Cilacap, Ini Saluran Donasinya

Jakarta, NU Online

Hujan dengan intensitas tinggi disertai petir melanda Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Senin (16/11) pukul 22.00 hingga Selasa (17/11) dini hari pukul 05.15 WIB. Hujan lebat itu mengakibatkan air dari area persawahan dan sungai di sekitar meluap ke wilayah penduduk.


Dikutip dari laman facebook NU Care-LAZISNU Cilacap, ketinggian air saat ini rata-rata 30-150 sentimeter. Kondisi terkini masih dalam proses evakuasi tanggap darurat. Sedangkan cuaca saat ini hujan dengan intensitas sedang.


Bencana yang terjadi pun tidak hanya banjir tetapi tanah longsor sehingga banyak pohon yang tumbang dan menimpa rumah penduduk di Desa Kutasari Kecamatan Cipari dan di Desa Karanggedang Kecamatan Sidareja.


Sementara banjir bandang terjadi di Desa Pegadingan Kecamaran Cipari, Desa Cikedondong dan Desa Kedungwadas Kecamatan Bantarsari, serta Desa Kertajaya Kecamatan Gandrungmangu.

 

Sedangkan tanah longsor terjadi di Desa Karanganyar dan Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu serta di Desa Sidasari Kecamatan Cipari.


Di Kecamatan Kroya, banjir juga meluas hingga lima desa. Beberapa daerah tersebut di antaranya Dusun Karang Desa Gentasari, Dusun Pecangakan Desa Mujur Lor, Desa Buntu, Desa Kedawung, dan Desa Sikampuh.


Bencana yang terjadi itu membuat Tim NU Peduli Kabupaten Cilacap gerak cepat (gercep) untuk langsung meninjau lokasi banjir di wilayah Kecamatan Kroya.


Beberapa upaya yang dilakukan adalah mengevakuasi warga yang terdampak bencana, mengevakuasi pasien atau warga yang sakit untuk mendapat akses kesehatan, mendirikan dapur umum, dan memberikan berbagai pengobatan gratis.


NU Peduli juga membuka saluran donasi untuk membantu korban bencana banjir di sana, melalui rekening BNI 0892924888 atas nama Lazisnu Cilacap dan rekening BRI 010601000667567 atas nama Lazisnu Cilacap. Donasi juga bisa dilakukan dengan mengklik https://kitabisa.com/campaign/bantuwargaterdampakbencanabanjir dan mengonfirmasi ke nomor 081228221010.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search